Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Senin, 22 April 2013

DEFINISI SEHAT















Setelah kita membaca definisi sehat di atas pahamilah bahwa ada perubahan batasan kesehatan yang terjadi. Silahkan mahasiswa untuk menjawab dan mendiskusikan mengenai perubahan batasan kesehatan saat ini. Tuangkan pendapat saudara didalam kolom komentar.

Sehat dan menjadi sehat ada upaya yang harus dilakukan. Salahsatunya dengan melakukan upaya promosi kesehatan. Untuk lebih memahami upaya promosi kesehatan yang telah diputuskan pada konferensi  1 di Kanada (1986) silahkan KLIK DI SINI

55 komentar:

  1. Menurut pendapat saya perubahan tentang batasan sehat yaitu terletak pada sehat itu juga produktif secara ekonomi Dan sosial, bukan hanya kondisi sempurna baik fisik, mental, sosial, dan bukan hanya terbebas dark penyakit dan kecacatan

    BalasHapus
  2. mnrt saya perubahan ttg batasan sehat untuk saat ini adlh: sehat tidak hanya menjadi tanggung jawab masing" individu tetapi disini pemerintah sebagai penyelenggara negara juga bertanggung jawab terhadap kesehatan rakyatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu betul..sejak konferensi promosi kesehatan hingga saat ini..bahwasannya negara dan pihak swasta ikut bertanggungjawab dalam kesehatan rakyatnya. tetapi bagaimana kita sebagai masyarakat tidak menjadi beban negara dalam kesehatan?

      Hapus
  3. menurut pendapat saya perubahan batasan kesehatan saat ini bukan hanya tentang kesempurnaan secara fisik, mental sosial dan tidak adanya penyakit, tetapi sudah mulai melebar pada kemampuan imdividu dan masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan perilaku hidup sehat, sehingga bisa tetap menjaga status kesehatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu diingat, unsur ekonomi menjadi tambahan pada definis sehat sesuai dengan UU kesehatan. Minimal individu mampu menghidupi kebutuhan hidupnya sudah bisa dikatakan sehat itupun pada pekerja. bagaimana dengan siswa, mahasiswa? kapan dikatakan sehat secara ekonomi?

      Hapus
    2. unsur ekonomi yang disebut lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan hidup sendiri, jadi menurut saya untuk siswa atau mahasiswa tetap bisa dikatakan sehat bila kebutuhannya terpenuhi walaupun belum mandiri secara ekonomi, masih ada pihak ke-2 yang membantu memenuhi kebutuhannya. Mohon koreksinya bu bila pendapat saya salah..

      Hapus
    3. siswa dan mahasiswa bisa dikatakan sehat secara ekonomi jika mampu berprestasi didalam memenuhi tanggungjawabnya sebagai pelajar atau mahasiswa...

      oke ..tk

      Hapus
  4. menurut pendapat saya perubahan batasan kesehatan saat ini bukan hanya tentang kesempurnaan secara fisik, mental sosial dan tidak adanya penyakit,tetapi lebih kepada tanggung jawab individu untuk menjaga kesehatan agar tidak adanya penyakit dan upaya pemerintah untuk bertanggung jawab pd kesehatan rakyat,artinya sudah menjadi kewajiban bersama untuk menjaga kesehatan masing2 agar tercapai tujuan bersama indonesia yg sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. so dimana letak perubahan definis sehat antara tahun 1948 dengan saat ini? ada unsur yang sama atau ada penambahan unsur?

      sejak konferensi 1 (1986) promosi kesehatan sampai dengan konferensi Bangkok (1995) dimana pemerintah, swasta dan masyarakat ikut andil dalam upaya kesehatan masyarakat

      Hapus
  5. Oke...

    Menurut UU Kesehatan No. 36 tahun 2009 dimana batasan sehat cukup komprehensif...
    tetapi apa yang dimaksud dengan sehat fisik? sehat mental? sehat sosial? dan sehat secara ekonomi?

    Untuk sehat mental dibagi lagi menjadi sehat pikiran, sehat emosional dan sehat spiritual. Berikan contoh dari masing-masing sehat mental tersebut....

    BalasHapus
  6. Menurut pendapat saya, sehat pikiran contohnya kita merasa pikiran kita tidak terbebani oleh suatu masalah yang dpt mengakibatkan depresi, sehat emosional contohnya dalam menghadapi suatu persoalan kita dpt menghadapinya dengan bijak, dan sehat spiritual contohnya kebutuhan spiritual kita terpenuhi, misal dengan kita solat kita merasa hati kita lebih tenang dan sejuk.

    BalasHapus
  7. Saya sependapat dengan pendapat ibu Eka Nopita Bu, bahwa perubahan tentang batasan sehat yaitu terletak pada sehat itu juga produktif secara ekonomi Dan sosial, bukan hanya kondisi sempurna baik fisik, mental, sosial, dan bukan hanya terbebas dark penyakit dan kecacatan

    BalasHapus
  8. menurut saya perubahan batasan kesehatan saat ini didasarkan pada invidu. individu yang sadar dan memiliki pengetahuan tentang kesehatan. faktor subyektifitas dan kultural juga mempengaruhi pemahaman dan pengertian orang terhadap konsep sehat. sehat bukan sekedar terbebas dari penyakit atau cacat.untuk itu diperlukan pendidikan kesehatan, yang merupakan proses membantu seserang, dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain. sehingga pemerintah sebagai penyelenggara upaya kesehatan dapat bekerja sama dengan masyarakat untuk mencapai tujuan dalam memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan

    BalasHapus
  9. Menurut pendapat saya perubahan batasan kesehatan saat ini yaitu sehat secara ekonomi dan sosial, bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat, dan kelemahan. Hal ini berarti bahwa kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental, dan sosial saja, tetapi juga diukur dari produktivitasnya dalam arti mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu secara ekonomi. Bagi yang belum memasuki dunia kerja, anak dan remaja, atau bagi yang sudah tidak bekerja (pensiun) atau usia lanjut, berlaku arti produktif secara sosial. Misalnya produktif secara sosial-ekonomi bagi siswa sekolah atau mahasiswa adalah mencapai prestasi yang baik, sedang produktif secara sosial-ekonomi bagi usia lanjut atau para pensiunan adalah mempunyai kegiatan sosial dan keagamaan yang bermanfaat, bukan saja bagi dirinya, tetapi juga bagi orang lain atau masyarakat.

    BalasHapus
  10. Menurut Saya perubahan tentang batasan sehat yaitu terletak pada sehat itu juga produktif secara ekonomi Dan sosial, bukan hanya kondisi sempurna baik fisik, mental, sosial, dan bukan hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan melainkan mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu secara ekonomi sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan

    BalasHapus
  11. menurut saya perubahan batasan kesehatan yang terjadi saat ini salah satu faktornya ialah ekonomi dan sosial masyarakat. sehat adalah terbebas dari smua kecacatan yang dimana bebas dari cacat fisik,cacat mental,cacat sosial ekonomi. saat ini yg menjadikan perubahan dari pend.kes berubah jadi prilaku.kes lalu menjadi promkes ialah dari setiap individu masing-masing yg sudah mengetahui tentang sehat tetapi tidak berprilaku sehat,lalu berubah menjadi promkes guna agar masyarkat selain mengetahui tentang kesehatan diharapkan dapat menjalankan prilaku sehat(pola hidup sehat). Promkes salah satu faktor pemecah masalah dari adanya batasan sosial ekonomi.

    BalasHapus
  12. Menurut pendapat saya perubahan tentang batasan sehat saat ini adalah masih banyaknya pengetahuan atau pengertian masyarakat yang msh berfikir bahwa sehat itu hanya sebatas terbebas dari penyakit dan kecatatan, dan kelemahan, padahal seharusnya sehat itu juga terletak pada produktif secara ekonomi dan sosial, bukan hanya kondisi sempurna baik fisik, mental, sosial, dan bukan hanya terbebas dark penyakit.

    BalasHapus
  13. Menurut pendapat saya perubahan batasan kesehatan saat ini telah diperbaharui bila batasan kesehatan yang terdahulu hanya mencakup tiga aspek, yakni: fisik, mental, dan sosial, maka sekarang kesehatan mencakup 4 aspek, yakni: fisik (badan), mental (jiwa), sosial, dan ekonomi. Hal ini berarti bahwa kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental, dan sosial saja, tetapi juga diukur dari produktivitasnya dalam arti mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu secara ekonomi.

    Sedangkan kesehatan mental mencakup 3 komponen, yakni pikiran, emosional, dan spiritual.
    • Pikiran sehat tercermin dari cara berpikir seseorang yang masuk akal.
    • Emosional sehat tercermin dari kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosinya atau pengendalian diri yang baik, misalnya takut, gembira, kuatir, sedih dan sebagainya.
    • Spiritual sehat tercermin dari cara seseorang dalam mengekspresikan rasa syukur, pujian atau penyembahan terhadap sang pencipta alam dan seisinya, yang dapat dilihat dari praktik keagamaan atau kepercayaannya serta perbuatan baik yang sesuai dengan norma-norma masyarakat.








    BalasHapus
  14. Menurut pendapat saya, perubahan batasan kesehatan saat ini terletak pada sehat itu yaitu produktif secara ekonomi dan sosial. bukan hanya kondisi sempurna baik fisik, mental, sosial, dan bukan hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan.

    BalasHapus
  15. Perbedaan mendasar terletak pada "Produktif secara ekonomi Dan sosial", maksudnya sejak tahun 2009 kategori sehat di tambah kriterianya dengan memiliki kemampuan untuk produktif secara ekonomi dan mampu bermanfaat bagi orang lain dalam bersosial.

    BalasHapus
  16. *.menurut saya sehat pikiran artinya berfikir secara positif dengan kenyataan serta logika dan masuk akal,
    *.sehat emosional berarti mampu untuk mengendalikan emosi dan mengekspresikan dengan baik misal rasa gembira sedih, marah dan lainnya,
    *. sehat Spiritual maksudnya selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki dan selalu menjalan kan sesuia dengan perinta dan larangannya dari allah SWT.

    BalasHapus
  17. Menurut pendapat saya, perubahan batasan kesehatan saat ini tidak hanya tergantung pada kondisi sempurna fisik, mental dan sosial tapi lebih tergantung pada kondisi daripada ekonomi seseorang / masyarakat yang bersangkutan. Gimana seseorang/masyarakat akan berkemampuan hidup sehat kalau keadaan ekonominya masih morat marit

    BalasHapus
  18. Menurut pendapat saya, perubahan tentang batasan kesehatan saat ini sedikit banyak masih mengacu pada UU No. 6 tahun 1999 dan WHO Tahun 1948 tetapi di dalam perjalanannya ada banyak hal yang timbul dari pengertian tersebut, jika pada prinsipnya sehat seperti yang dijelaskan oleh UU dan WHO tersebut, berarti masih bayak sekali orang di Indonesia bahkan dunia yang belum sehat. Misal secara jasmani dan rohani seseorang sehat, tetapi secara materi masih belum terpenuhi sepenuhnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehat mental:
      - Pikiran: saat kita selalu berfikir tentang hal yang positif.
      - Emosional: saat kita mampu mengontrol sesuatu yang bersifat psikologis.
      - Spiritual: saat kita dapat menerima, ikhlas dan bersyukur atas apapun yang diberikan Tuhan

      Hapus
  19. Menurut saya perubahan batasan saat ini adalah bahwa sehat tidak hanya sehat untuk diri sendiri tapi dapat pula menyehatkan orang lain.

    BalasHapus
  20. Perubahan batasan kesehatan saat ini yaitu penggabungan seluruhnya mulai dr fisik,mental dan sosial.
    Sehat fisik yaitu sehat secara fisik tdk ada penyakit yg diderita,sehat mental yaitu sehat secara psikis,dan ketenangan jiwa dan kemampuan seseorg untuk pengendalian dirinya.

    BalasHapus
  21. Menurut saya perubahan batasan kesehatan saat ini telah diperbaharui bila batasan kesehatan yang terdahulu hanya mencakup tiga aspek, yakni: fisik, mental, dan sosial, maka sekarang kesehatan mencakup 4 aspek, yakni: fisik (badan), mental (jiwa), sosial, dan ekonomi. Hal ini berarti bahwa kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental, dan sosial saja, tetapi juga diukur dari produktivitasnya dalam arti mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu secara ekonomi.

    Sedangkan kesehatan mental mencakup 3 komponen, yakni pikiran, emosional, dan spiritual.
    • Pikiran sehat tercermin dari cara berpikir seseorang yang masuk akal.
    • Emosional sehat tercermin dari kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosinya atau pengendalian diri yang baik, misalnya takut, gembira, kuatir, sedih dan sebagainya.
    • Spiritual sehat tercermin dari cara seseorang dalam mengekspresikan rasa syukur, pujian atau penyembahan terhadap sang pencipta alam dan seisinya, yang dapat dilihat dari praktik keagamaan atau kepercayaannya serta perbuatan baik yang sesuai dengan norma-norma masyarakat.

    BalasHapus
  22. Menurut pendapat saya perubahan tentang batasan sehat terletak pada sehat itu juga produktif secara ekonomi Dan sosial,bkn hanya kondisi sempurna baik fisik, mental, sosial, dan bkn hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan.

    BalasHapus
  23. contoh dari sehat mental,emosional dan spiritual

    sehat spiritual :patuh tidaknya pada aturan agamanya
    sehat mental pelupa,kemampuan berfikir yg menurun
    sehat emosional :mampu tidak nya seseorang untuk mengekspresikan emosinya atau pengendalian diri yang baik, misalnya takut, gembira, kuatir, sedih

    BalasHapus
  24. menurut saya batasan sehat produktif secara ekonomi Dan sosial, bukan hanya kondisi sempurna baik fisik, mental, sosial, dan bukan hanya terbebas dark penyakit dan kecacatan.
    yang dimaksud dengan sehat fisik yaitu Dikatakan sehat bila secara fisiologis (fisik) terlihat normal tidak cacat, tidak mudah sakit, tidak kekurangan sesuatu apapun.
    sehat mental adl kemampuan berfikir dengan jernih dan koheren.
    sehat sosial adl kemampuan untuk membuat dan mempertahankan hubungan dengan orang lain.
    sehat secara ekonomi mempunyai pekerjaan atau menghasilkan secara ekonomi.
    contoh sehat pikiran selalu berpikir positif terhadap orang lain agar bisa terjalin kepercayaan antara individu.
    contoh sehat emosional bisa mengontrol emosi pada saat keadaan marah atau apapun
    contoh sehat spiritual selalu bersyukur terhadap sang pencipta dan tidak melanggar norma2 pada agama

    BalasHapus
  25. Menurut pendapat saya perubahan tentang batasan sehat saat ini adalah tidak seperti sehat pada zaman dulu sehat berarti terhindar dari penyakit saja baik fisik dan psikis,tetapi sekarang sehat berarti sehat secara sempurna baik fisik,mental,dan juga produktif baik ekonomi dan sosial.

    Semntara sehat mental juga terbagi menjadi sehat fikiran,emosional,spiritul.
    Sehat fikiran,dapat dilihat dari cara berfikir sseorang yang sesuai dengan logika dan fikiran,contohnya saat menghadapi suatu masalah seseorang dapat berfikir tenang dalam mencari solusi dan tidak mudah depresi dalam setiap menghadapi suatu masalah.
    Sehat emosional,yaitu kemampuan seseorang untuk dapat mengekspresikan emosinya secara baik dan terkendali tanpa berlebihan,dan memutuskan sesuatu scara bijak.
    Sehat spiritual yaitu dimana kondisi sehat seseorang dapat dilihat dari cara dia bersyukur dan menjalani kehidupan sehari hari sesuai dengan keyakinan yang dianut,sperti shalat,mengaji,berbuat baik antar sesama,dan selalu bertindak dan bersikap sesuai dengan aturan agama dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

    BalasHapus
  26. 1. sehat pikiran contohnya pemikiran yang kita pikir untuk menjadikan perbuatan bersifat positif
    2. sehat emosional contohnya tidak dalam keadaan marah atau gelisah
    3. sehat spiritual contohnya adalah menjalankan kegiatan keagamaan sesuai agama yang dianut masing masing

    BalasHapus
  27. Perbedaannya yaitu sehat bukan hanya secara fisik dan mental yaitu secara ekonomi dan sosial.
    Sehat fisik yaitu sehat secara rohani
    Sehat mental adalah sehat dari segi kejiwaan
    Sehat ekonomi adalah kondisi seseorang dalam batasan kesejahteraan ekonomi, atau cukup secara materi
    Sehat sosial merupakan kesejahteraan dalam masyarakat,kebudayaan suatu daerah tertentu.Cukup sandang,pangan,papan.
    Sedangkan sehat mental ada 3
    1.sehat pikiran, kemampuan intelektual
    2.sehat emosional,tidak mudah emosi , bisa mengontrol emosi, bisa menyelesaikan masalah secara bijak
    3.sehat spiritual,keseimbangan dinamis dengn mndngar lagu,siraman
    rohani seperti ceramah agama

    BalasHapus
  28. Perbedaan batasan sehat saat ini yaitu secara ekonomi dan sosial
    Secara ekonomi kesejahteraan seseorang atau mampu memenuhi kebutuhannya secara ekonomi, sedangkan kesehatan sosial adalah kesejahteraan dalam masyarakat yaitu seperti pemenuhan kebutuhan sandang,pangan dan papan yang seimbang.
    Sehat mental terbagi menjadi 3 yaitu :1.sehat pikiran yg artinya bisa berfikir jernih atau kemampuan intelektualitas yang tinggi.2.sehat emosional yaitu kemampuan diri dalam mengendalikan diri dri emosi. 3.sehat spiritual yaitu sehat dalam keagamaan namun tetap diimbangi dengan hal yg lain seperti hiburan bernyani,rekreasaiataupun mendengar musik

    BalasHapus
  29. menurut saya perubahan yang terjadi dari WHO 1948 ke UU kesehatan no 36 tahun 2009 adalah adanya tambahan kata produktif secara ekonomi dan sosial. jadi bukan hanya sehat sehat secara fisik,mental dan sosial.

    SEHAT MENTAL:
    1. Sehat pikiran, seseorang yang selalu berpikiran positif agar selalu mengerjakan kegiatan2 yang positif.
    2. sehat emosional, seseorang yang mampu menahan emosi nya dan mampu mengekspresikan emosi nya
    ex, emosi senang,sedih, marah
    3. sehat spritual, selalu mendekatkan diri kepada Tuhan YME.
    ex, selalu bersyukur, hidup berpedoman pada ajaran agama

    BalasHapus
  30. Telah terjadi perubahan tentang batasan definisi sehat dari yang tadinya hanya tidak sakit dan tidak cacat menjadi sehat dalam semua hal jasmani/fisik, rohani, sosial dan ekonomi.
    Sehat jasmani artinya tidak sakit, tidak bersiko sakit serta tidak cacat, dan dapat melakukan berbagai kegiatan, baik belajar, berusaha, ataupun bekerja.
    Sehat rohani artinya sehat secara psikologis, dapat mengontol emosi dengan baik,dapat berfikir benar, serta beribadah dengan baik dan benar.
    Sehat secara sosial artinya dapat bersosialisasi, bergaul dan bertingkah laku yang baik dalam pergaulan di masyarakat.
    Sedangkan sehat secara ekonomi artinya dapat berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya serta berada dalam kondisi ekonomi yang baik dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

    BalasHapus
  31. menurut saya yang di maksud
    a. sehat fisik yaitu sehat badan(jasmani),tidak cacat sehingga dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dengan baik.
    b. sehat mental yaitu rohaninya(kejiwaannya) yang ada di dalam diri, karena untuk bersosialisai ke masyarakat harus mempunyai mental yang sehat.
    c. sehat sosial yaitu mudah bergaul,bermasyarakat sehingga menimbulkan interaksi terhadap masyarakat yang baik.
    d. sehat secara ekonomi yaitu berusaha memenuhi kebutuhan dengan sebaik mungkin dan selalu mensyukuri dan tidak berfoya-foya.

    contoh sehat pikiran yaitu berfikir selalu positif, dan selalu memggunakan logika.
    sehat emosional yaitu dapat selalu mengendalikan emosi yang ada di hati,seperti hawa nafsu,marah-marah,atau perasaan gelisah lainnya yang ada di diri manusia.
    sehat spiritual yaitu memiliki agama untuk pondasi,sehingga kita selalu bersyukur dengan apa yang di berikan Alloh SWT,dan melakukan apa yang di perintahkanNYA dan menjauhi larangannya sehingga kita tidak melampau batas-batasan.

    BalasHapus
  32. menurut saya,bahwa status kesehatan dipengaruhi oleh faktor biologik, faktor perilaku, faktor lingkungan, dan faktor pelayanan kesehatan. Faktor biologik adalah merupakan faktor yang berasal dari individu itu sendiri yang disebut juga dengan faktor keturunan.

    BalasHapus
  33. menurut pendapat saya perubahan batasan sehat itu sehat secara produktif secara ekonomi dan sosial tidak hanya sehat secara fisik mental dan terbebas dari penyakit atau kecacatan saja, bagaimana individu atau seseorang bisa berobat atau mengatasi masalah kesehatan yg ada pada diri nya jika dia tidak dapat atau berusaha untuk memenuhi kebutuhan ekonominya atau kebutuhan hidupnya dengan baik.

    BalasHapus
  34. Menurut saya...Sudah sangat jelaslah tentang devinisi kesehatan,karena disini sy mengacu dr organisasi kesehatan dunia atau WHO,yang menurutnya ialah Kesehatan adalah suatu kondisi sejahtera jasmani rohani serta sosial ekonomi,artinya kalau kita cuma sehat jasmani atau rohaninya saja itu belum sehat secra keseluruhan begitu pun sebaliknya kalau cuma sehat dari segi sosial ekonominya saja tetap belum bisa dikatakan sehat secara sempurna,karena makna dari kondisi sejahtera jasmani rohani serta sosial ekonomi adalah sehat secara keseluruhan dan sempurna,kalau kesemuanya itu sehat baru sehat itu bisa kita dapatkan...!

    BalasHapus
  35. Menurut pendapat saya :
    Pendidikan secara umum adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain,baik individu ,kelompok ,atau masyarakat.
    sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidik,dari batasan ini tersirat unsur unsur pendidikan yakni :
    input,proses,output

    sedangkan pendidikan promosi adalah aplikasi penerapan pendidikan didalam bidang kesehatan.
    adapun batasan promosi kesehatan adalah yang mencakup tentang
    1.perubahan perilaku contohnya perilaku kesehatan masyarakat bisa dinilai dari perilaku negatif berubah menjadi perilaku positif,khususnya didalam kesehatan masyarakat itu sendiri
    2.pembinaan perilaku,contohnya perilaku kesehatan yang sudah hidup sehat dan baik,haru dibina agar dipertahankan perilaku baik dalam menjaga kesehatannya
    3.pengenbangan perilaku contohnya membiasakan hidup sehat bai anak anak.

    BalasHapus
  36. ya..dikatakan sehat bukan dari kata sehat saja,sehat fisik tdk sakit dalam arti tubuh seseorang?
    tapi bisa dikatakan sehat itu bahwa kita bukan sehat jasmani saja,tapi sehat dalm arti kesehatan seuuthnya,dalam arti ekonomi sehat,jasmani sehat,rohani sehat dan mampu memenuhi kebuthan hidupnya

    BalasHapus
  37. menurut saya perubahan batasan sehat itu adalah tidak sebatas sehat fisik dan mental atau terhindar dr penyakit semata. kesempurnaan sehat dapat dicapai apabila sosial ekonomi dapat menunjang. jadi ada keterkaitan yang tidak dpt kita pisahkan antara sehat jasmani, rohani dan sosial ekonomi dimana satu sama lain adalah saling mendukung. sebagai contoh : 1. sehat rohani dan sosial ekonomi akan tetapi jasmani tidak sehat tidak bisa dikategorikan sehat. 2. jasmani dan rohani yang sehat harus jg didukung oleh sosial ekonomi yangg sehat pula.

    BalasHapus
  38. Perbedaan mendasar antara sehat saat ini dapat kita lihat pada produktif secara ekonomi Dan sosial, maksudnya kategori sehat ini adalah jika kita memiliki tubuh yg sehat maka kita akan mampu bekerja atau beraktivitas secara produktif utk memnuhi kebutuhan sosial dan ekonomi.

    BalasHapus
  39. menurut saya, perubahan batasan sehat adalah tidak hanya keadaan sempurna baik fisik, mental dan tidak hanya bebas dari penyakit dan cacat tetapi juga mampu produktif secara ekonomi dan sosial. Dimana jika seseorang perekonomian bagus dan mapan maka orang tersebut dapat meningkatkan status kesehatannya.sehat secara ekonomi juga dapat diartikan bahwa orang tersebut punya pekerjaan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat buat diri sendiri dan keluarga atau orang lain.

    BalasHapus
  40. Perubahan batasan kesehatan dr WHO tahun 1948 ke UU no 36 tahun 2009 adalah terletak pada produktif secara ekonomi dan sosial yaitu sehat dalam arti seseorang mempunyai kemampuan untuk produktif (bekerja) sehingga dapat menghasilkan sesuatu secara ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya.

    Sehat fisik adalah sempurna secara fisiologis (tidak cacat)
    Sehat mental adalah sehat secara kejiwaan
    Sehat sosial adalah hubungan antar manusia baik
    Sehat ekonomi adalah dari segi keuangan memiliki kesejahteraan yang baik

    Sehat mental terdiri dari
    Sehat fikiran yaitu suatu kondisi dimana seseorang memiliki fikiran positif dan mampu berfikir secara intelektual
    Sehat emosional yaitu kondisi seseorang mampu mengendalikan emosi baik dalam keadaan marah, tersingung, sedih dll
    Sehat spiritual adalah kondisi seseorang selalu menjalankan perintah agama yang di anutnya






    BalasHapus
  41. menurut saya perubahan batasan sehat memang peraspek pada keadaan sempurna baik fisik, mental,sosial dan produktif secara ekonomi tetapi juga faktor dari diri sendiri untuk berkemauan atau mengubah hidupnya menjadi lebih berkualiatas dari gaya hidup,pergaulan lingkungan sekitar yang mendukung agar promosi kesehatan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  42. Menurut saya batasan kesehatan saat ini memang lebih luas dan dinamis dibandingkan batasan sebelumnya, hal ini berarti bahwa kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik,mental dan sosial saja tetapi juga diukur dari produktivitasnya dalam arti mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu secara ekonomi. Keempat dimensi tersebut saling mempengaruhi dalam mewujudkan tingkat kesehatan baik pada individu , keluarga maupun masyarakat.

    BalasHapus
  43. Menurut saya, Pada batasan yang terdahulu, kesehatan hanya mencakup tiga aspek, yakni: fisik, mental, dan sosial, tetapi menurut Undang-Undang No. 23/ 1992, kesehatan itu mencakup 4 aspek yakni fisik (badan), mental (jiwa), sosial, dan ekonomi.

    Hal ini berarti kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental, dan sosial saja, tetapi juga diukur dariproduktivitasny a dalam arti mempunyai pekerjaan atau menghasilkan secara ekonomi. Bagi yang belum memasuki usia kerja, anak dan remaja, atau bagi yang sudah tidak bekerja (pensiun) atau usila (usia lanjut), berlaku produktif secara sosial, yakni mempunyai kegiatan, misalnya sekolah atau kuliah bagi anak dan remaja, dan kegiatan pelayanan sosial bagi usila. Keempat dimensi kesehatan tersebut saling mempengaruhi dalam mewujudkan tingkat kesehatan pada seseorang, kelompok, atau masyarakat.

    BalasHapus
  44. menurut pendapat saya batasan sehat itu adalah sehat jasmani, sehat rohani, sehat dalam berfikir, dan semua itu tidak terlepas dalam aturan yang sudah ditetapkan di dalam undang-undang kesehatan. Dan untuk sehat itu diperlukan juga faktor ekonomi yang menunjang agar manusia dapat berperilaku hidup bersih dan sehat.

    BalasHapus
  45. Menurut saya perbedaan mendasar terletak pada Produktif secara ekonomi dan sosial, maksutnya sejak tahun 2009 katagori sehat di tambah kriterianya dengan memiliki kemampuan untuk mampu produktif secara ekonomi dan mampu menjadi bermanfaat bagi oranglain dalam bersosial di lingkungannya.

    BalasHapus
  46. Menurut saya perubahan yg terjadi dari who 1948 ke uu kesehatan no 36 tahun 2009 adalah adanya tambahan kata produktif secara ekonomi dan sosial jadi bukan hanya sehat secara fisik,mental dan sosial.

    - Sehat fisik adalah sempurna secara fisiologis (tidak cacat)
    - Sehat mental adalah sehat secara kejiwaan, sehat mental terdiri dari sehat fikiran yaitu suatu kondisi dimana seseorang memiliki fikiran positif dan mampu berfikir secara intelektual
    - Sehat sosial adalah hubungan antar manusia baik
    - Sehat ekonomi adalah dari segi keuangan memiliki kesejahteraan yang baik
    - Sehat emosional yaitu kondisi seseorang mampu mengendalikan emosi baik dalam keadaan marah, tersingung, sedih dll
    - Sehat spiritual adalah kondisi seseorang selalu menjalankan perintah agama yang di anutnya

    BalasHapus
  47. Perubahan tentang batasan sehat yaitu terletak pada sehat itu juga produktif secara ekonomi Dan sosial, bukan hanya kondisi sempurna baik fisik, mental, social melainkan mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu secara ekonomi sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan

    BalasHapus
  48. good your answers...all students...

    fasih sekali menjawab definisi sehat dan perubahan batasan sehat...hehe

    BalasHapus

Google+ Followers