Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Senin, 22 April 2013

PERGESERAN ISTILAH


Sebelum kita membahas lebih banyak mengenai teori dasar promosi kesehatan, ada baiknya kita mengulas sesaat mengenai pergeseran istilah dalam promosi kesehatan. Pendidikan kesehatan pada era tahun 80-an menekankan pada pemberian informasi kesehatan melalui media dan teknologi pendidikan kepada masyarakat dengan harapan masyarakat mau melakukan perilaku hidup sehat.

Namun kenyataannya, perubahan tersebut sangat lamban sehingga dampaknya terhadap perbaikan kesehatan sangat kecil. Dengan pernyataan lain, peningkatan pengetahuan yang tinggi tidak diikuti dengan perubahan perilaku. Hasil penelitian, 80% masyarakat tahu cara mencegah demam berdarah dengan melakukan 3M (menguras, menutup dan mengubur) tetapi hanya 35% dari masyarakat yang benar-benar melakukan 3M tersebut.

Oleh sebab itu, agar pendidikan kesehatan tidak terkesan negative, maka para ahli pendidikan kesehatan global yang dimotori oleh WHO, pada tahun 1984 merevitalisasi pendidikan kesehatan tersebut dengan menggunakan istilah promosi kesehatan. Promosi kesehatan tidak hanya mengupayakan perubahan perilaku saja tetapi juga perubahan lingkungan yang menfasilitasi perubahan perilaku tersebut. Disamping itu promosi kesehatan lebih menekankan pada peningkatan kemampuan hidup sehat bukan sekedar berperilaku sehat.
Berbicara mengenai hidup sehat ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu arti sehat. Untuk lebih memahami definisi sehat silahkan KLIK DI SINI

10 komentar:

  1. promosi kesehatan dalam hal kesehatan harus dilakukan secara terus menerus, kegiatan yang terus menerus diharapkan mampu menggugah masyarakat perilaku sehat yang dapat menjadikan masyarakat menjadi hidup sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak Hanif...

      Promosi kesehatan itu dapat dilakukan dalam ruang, waktu dan jarak. Orang komunikasi kesehatan bilang zero proxcemics/tanpa batas...

      terima kasih

      Hapus
  2. promosi kesehatan adalah sebuah upaya yang dilakukan terhadap diri sendiri dan juga masyarakat sehingga mampu dan mau untuk meningkatkan kesehatan dirinya masing-masing dan mampu mengubah atau mengatasai lingkungan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups...

      pada slide terakhir pertemuan ini..mbaknya dapat memahami bahwasanya..kita bisa melakukan promosi kesehatan dari lingkungan kecil sampai dengan besar...dari diri sendiri hingga masyarakat..

      oke terima kasih

      Hapus
  3. Promosi kesehatan/pendidikan kesehatan merupakan cabang dari ilmu kesehatan yang mempunyai dua sisi, yakni sisi ilmu dan sisi seni. Dilihat dari sisi seni, yakni praktisi atau aplikasi pendidikan kesehatan adalah merupakan penunjang bagi program-program kesehatan lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali...

      orang promosi kesehatan dituntut untuk kreatif. contohnya adalah pembuatan media kesehatan. itu salah satu letak seninya orang promosi kesehatan dan masih banyak lagi seni-seni lainnya yang bisa diterapkan dalam promosi kesehatan...


      oke terima kasih

      Hapus
  4. Masyarakat masih banyak yang belum mendapatkan kesehatan. terutama mereka yang tinggal di pedesaan. oleh karena itu promosi kesehatan harus disampaikan dan disosialisasikan sebagai bahan informasi kesehatan yang akan sangat berguna bagi masyarakat luas dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak meli...

      sudah akses ke daerah susah, masyarakatnya penyakitan...betapa berat beban tenaga kesehatan di Indonesia ini.

      mudah, murah upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan promosi kesehatan. berharap masyarakat setempat mampu berperilaku hidup bersih dan sehat.

      Hapus
  5. promosi kesehatan adalah suatu cara kita mempromosikan apa itu kesehatan,dimana kita sebagai petugas kesehatan harus mampu memberikan penyuluhan atau promosi bagaimana,apa,tindakan kita kepada masyarakat.harus lebih benar2 memberitahuakn program atau metode kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. upaya promosi kesehatan salahsatu aksinya adalah penyuluhan kesehatan. itupun kalau masyarakatnya lebih bermasalah pada aspek kognitif. tetapi jika masalahnya pada prasarana dan sarana upaya yang bisa kita lakukan adalah pemberdayaan masyarakat. tetapi bagaimana jika policy maker, decision maker atau key person yang bermasalah dalam perubahan perilaku masyarakat? apa yang kita lakukan sebagai tenaga kesehatan?

      Hapus

Google+ Followers