Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Senin, 22 April 2013

PILAR PEMBANGUNAN KESEHATAN

Peningkatan derajat kesehatan menjadi focus utama dari tujuan pembangunan kesehatan. 
Derajat kesehatan menurut Blum (1974) dipengaruhi oleh lingkungan yang sehat, perilaku sehat dan pelayanan kesehatan yang bermutu. Saudara dapat melihat gambar di bawah ini.

Bagaimanakah tingkatan pencegahan penyakit di dalam promosi kesehatan? Untuk melihat materi tersebut dapat di KLIK DI SINI

5 komentar:

  1. mohon penjelasannya bu,
    dari keempat faktor yang mempengaruhi manakah yang paling besar pangaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat bu,
    terimakasih bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cuma bisa mengatakan bahwa ke 4 faktor tersebut dalam mempengaruhi derajat kesehatan tidak bisa berdiri sendiri, masing-masing saling mempengaruhi.

      Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat, hendaknya melakukan intervensi tetap pada 4 faktor tersebut.

      Misal pak hanif seorang petugas kesehatan lingkungan, mengatakan bahwa kesehatan lingkungan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap derajat kesehatan. Lingkungan sekitar disulap sesuai dengan standar kesehatan tetapi tidak diikuti dengan perilaku sehat masyarakat, apa bisa derajat kesehatan meningkat?

      Hapus
  2. tolong beri penjelasannya bu tentang pilar diatas, apabila faktor keturunan dapat mempengaruhi terhadap kesehatan masyarakat itu maksudnya apa bu,tolong beri penjelasan bu...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba mbak voni perhatikan baik-baik...cuma ada 3 pilar di dalam tujuan pembangunan kesehatan...kenapa keturunan tidak dimasukkan ke dalam 3 pilar tujuan pembangunan kesehatan karena keturunan tidak mudah untuk dilakukan intervensi.

      Hapus
  3. pencegahan penyakit dalam promosi kesehatan yaitu dengan promotif dan prefentif

    BalasHapus

Google+ Followers