Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Senin, 22 April 2013

DASAR PROMOSI KESEHATAN TM 2


TOPIK 2: SARANA PELAYANAN KESEHATAN

Sudahkan saudara pahami mengenai tingkatan sarana pelayanan kesehatan di atas? Jika saudara kurang memahami gambar di atas, bisa ditanyakan di dalam kolom komentar.

Sarana pelayanan kesehatan merupakan fasilitas kesehatan bagi siapa saja yang mau memelihara kesehatannya sebagai upaya dalam mewujudkan derajat kesehatan. Ini merupakan tujuan dari pembangunan kesehatan. Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja yang termasuk pilar tujuan pembangunan kesehatan dapat dilihat pada slide berikut ini dengan melakukan KLIK DI SINI

10 komentar:

  1. ass. izin bertanya bu
    apa yang dimaksud dengan primary healt care, secondary health care, tertiary healt care, trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak salah apa yang dijawab oleh ibu sri ayu...

      1. PHC adalah yankes yang paling dekat dengan masyarakat, artinya yankes yang paling pertama menyentuh masalah-masalah kesehatan di masyarakat dan menangani kasus-kasus yang ringan
      2. SHC adalah yankes rujukan bagi kasus-kasus dari yankes primer, artinya yankes ini menangani masalah yang tidak atau belum bisa ditangani oleh yankes primer, karena peralatan atau keahlian SDM belum ada.
      3. THC adalah yankes rujukan bagi kasus-kasusyang tidak dapat ditangani oleh yankes sekunder

      terima kasih juga

      Hapus
  2. Boleh membantu menjawab ya bu, menurut pendapat saya primary health care artinya tempat pelayanan kesehatan tingkat dasar, misal puskesmas, bidan praktek, dokter praktek. Secondary health care artinya tempat pelayanan kes tingkat dua, contohnyapuskesmas rawat inap, RS Kabupaten dan Tertiary health care artinya tempat pelayanan kes tingkat lanjut, misal RS Provinsi atau RS Pusat sbg pusat rujukan.

    BalasHapus
  3. apakah alur tersebut harus dari tingkat yg plg dasar??
    bagaimana dengan kasus yang memang sudah tidak mungkin dilayani di tingkatan palig dasar (primary health care) ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, makanya sarana pelayanan kesehatan itu dibuat bertingkat atau berstrata. Pasien di RS tidak perlu waiting list untuk mendapatkan kamar rawat inap jika fungsi dari primary health care (PHC) atau puskesmas dan secondary health care (puskesmas rawat inap) mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan dari masing-masing yankes tersebut.

      Jika melebihi standar kewenanngan dari yankes yang ada perlu dilakukan rujukan..

      Sudahkan kita yang berada di Puskesmas melayani masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku?

      Hapus
  4. Kalau Posisi Rumah sakit Rujukan Seperti RSCM dan rumah sakit khusus seperti RS Jantung Harapan Kita, Rumah Sakit Kanker Darmais, serta RS Jiwa berada diposisi Helth care yang mana bu? mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. THC adalah yankes rujukan bagi kasus-kasusyang tidak dapat ditangani oleh yankes sekunder, misalnya RS propinsi, RS tipe A dan RS tipe B.

      Kalau mau lebih jelasnya berdasarkan fugsi dan tugas dari Rumah Sakit, Ada beberapa pembagian tipe-tipe Rumah Sakit berdasarkan kemampuan sebuah Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan medis kepada para pasiennya, yaitu:

      RUMAH SAKIT TIPE A
      Merupakan Rumah Sakit yang telah mampu memberikan pelayanan Kedokteran Spesialis dan Subspesialis luas sehingga oleh pemerintah ditetapkan sebagai tempat rujukan tertinggi (Top Referral Hospital) atau biasa juga disebut sebagai Rumah Sakit Pusat.

      RUMAH SAKIT TIPE B
      Merupakan Rumah Sakit yang telah mampu memberikan pelayanan Kedokteran Spesialis dan Subspesialis terbatas. Rumah Sakit ini didirikan di setiap Ibukota Propinsi yang mampu menampung pelayanan rujukan dari Rumah Sakit tingkat Kabupaten.

      RUMAH SAKIT TIPE C
      Merupakan Rumah Sakit yang telah mampu memberikan pelayanan Kedokeran Spesialis terbatas. Rumah Sakit tipe C ini didirikan di setiap Ibukota Kabupaten (Regency hospital) yang mampu menampung pelayanan rujukan dari Puskesmas.

      RUMAH SAKIT TIPE D
      Merupakan Rumah Sakit yang hanya bersifat transisi dengan hanya memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan Kedokteran Umum dan gigi. Rumah sakit tipe C ini mampu menampung rujukan yang berasal dari Puskesmas.

      RUMAH SAKIT TIPE E
      Merupakan Rumah Sakit Khusus (special hospital) yang hanya mampu menyalenggarakan satu macam pelayan kesehatan kedokteran saja, misal: Rumah Sakit Kusta, Rumah Sakit Paru, Rumah Sakit Jantung, Rumah Sakit Kanker, Rumah Sakit Ibu dan Anak, dll

      nah, bagaimana pak ricko? RSCM, Darmais, masuk yankes yang mana?

      Hapus
  5. bertanya bu
    apakah masih ada tingakatan setelah tertiary health care bu, soalnya di gambar diatas masih adah panah setelah tertiary health care.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini referensi yang saya baca baru sampai dengan THC.

      maaf sebelumnya kalau bapak hanif terganggu dengan tanda panah setelah THC.

      so akan saya koreksi, terima kasih atas masukannya.

      Hapus

Google+ Followers