Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Senin, 22 April 2013

TOPIK PROMKES


Gambar di atas merupakan topic yang akan kita diskusikan pada metrikulasi e-learning mata kuliah Promosi Kesehatan.

Teori dasar promosi kesehatan membahas mengenai masalah-masalah dalam kesehatan masyarakat dimana konsep promosi mampu memasarkan, memperkenalkan pesan-pesan kesehatan sehingga masyarakat menerima perilaku kesehatan yang akhirnya mau berperilaku hidup sehat. Manusia adalah makhluk social yang saling bergantung kehidupannya satu sama lain (hidup bermasyarakat). Manusia juga makhluk berbudaya yang dikaruniai akal oleh Tuhan sehingga mampu memecahkan masalah yang dihadapinya termasuk masalah kesehatan. Dengan kata lain aspek social budaya berhubungan dengan perilaku kesehatan.
Seseorang, kelompok atau masyarakat yang mampu berperilaku hidup sehat melalui tahap-tahap perubahan perilaku. Tahap perubahan perilaku seseorang, kelompok atau masyarakat dapat dilihat melalui teori-teori perubahan perilaku yang saat ini mudah sekali didapatkan. Salahsatu teori perubahan perilaku yang akan kita pelajari adalah teori L. Green (1980) dengan menggunakan pendekatan PRECEDE PROCEDE. Dengan metode ini kita diharapkan mampu membuat perencanaan dan evaluasi kesehatan melalui beberapa tahap atau phase. 

Nah, setelah kita memahami deskripsi topic matrikulasi dari mata kuliah promosi kesehatan, maka saudara dapat memahami lebih mendalam mengenai topic ini dengan melakukan KLIK DI SINI

10 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. ya bu setelah membaca deskripsi topik di atas saya menjadi lebih memahami betapa pentingnya kita melakukan penyuluhan ataupun pesan-pesan promisi kesehatan untuk agar kelurga dan masyarakat kita dapat berprilku Hidup Sehat dan Bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke..sebenarnya ada satu materi yg tidak saya masukkan ke dalam topik matrikulasi ini tetapi setelah saya membaca komentar ibu akan saya tambahkan dipertemuan berikutnya yaitu tentang teori penunjang dalam promosi kesehatan.

      Salah satu contohnya adalah pemasaran sosial/social marketing. Jika ibu bekerja di Puskesmas, ada kegiatan posyandu. Apakah ibu pahami ada ibu yang senang membawa anaknya ke posyandu tetapi ada ibu yang tidak suka membawa anaknya ke posyandu. Kenapa? Salahsatunya adalah bicara kepuasan. Didalam ilmu pamasaran sosial kita akan belajar faktor-faktor apa saja yang bisa membuat orang puas dan tidak puas.

      Oke. terima kasih juga ibu...

      Hapus
  3. pada sekarang ini aspek kesehatan bukan hanya tertuju pada kuratif dan rehabilitatif, tetapi aspek promosi kesehatan juga penting agar masyrakat mampu mengenal masalah kesehatan dan bisa mencegahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di slide berikutnya..bapak akan membaca bahwa ranah kita orang kesmas adalah di promotif dan preventif.

      Jika upaya promotif dan rehabilitatif kita kedepankan, derajat kesehatan di Indonesia ini akan meningkat. Tetapi pandangan provider tentunya berbeda.

      Kalau saya katakan jika suatu RS lebih mementingkan kuratif dan rehabilitatif, 10 - 15 tahun RS itu akan kolaps. Bapak percaya atau tidak? Percaya kenapa..tidak percaya kenapa...

      Hapus
  4. saya sngat senang dengan mata kuliah promkes ini,,karna sedikit banyak saya mulai memahami penting nya prilaku hidup bersih sehat,,dengan adanya promkes ini mudah-mudahan kita semua dapat menerapkan pola hidup bersih sehat baik pada diri sendiri,keluarga dan masyarakat luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatannya promosi kesehatan itu adalah suatu hal yang mudah dipelajari karena kita selalu berfikir yang namanya promosi kesehatan tidak lain dan tidak bukan hanya melakukan penyuluhan semata. Betul tidak, mbak?

      Banyak hal yang perlu kita pahami mengenai promosi kesehatan karena kalau kita mampu memahami dan menerapkan ilmu ini di dunia nyata, derajat kesehatan di Indonesia ini akan meningkat karena promosi kesehatan mempunyai daya ungkit yang luar biasa untuk menyelesaikan maslah-masalah di sekitar kita.

      OKe ..terima kasih mbak

      Hapus
  5. Promosi kesehatan merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya,mengingat tujuan peningkatan kesehatan bukan sekedar masyarakat mau hidup sehat tetapi juga mampu untuk hidup sehat .maka dalam promosi kesehatan diharapkan bukan hanya sekedar penyampaian pesan pesan atau informasi kesehatan agar masyarakat mengetahui dan berperilaku hidup sehat tetapi juga bagaimana masyarakat mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak maya...promosi kesehatan bukan hanya memberikan informasi kesehatan saja atau melakukan penyuluhan saja tetapi banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang prmotor kesehatan.

      Salah satu contoh di dunia advertising/periklanan kalau iklan kesehatan dimana materi tidak dibuat oleh orang kesehatan bisa berabe deh informasi yang disebarkan kepada masyarakat.

      Orang kesehatan baiknya juga bisa menjadi wartawan kesehatan karena apa? bicara istilah, bicara kasus..orang kesehatan lebih tahu daripada wartawan umum.

      Oke terima kasih...

      Hapus
  6. iaa bu,,,,
    saya sepakat dengan ibu..bahwa promkes bukan hanya memberikan informasi kepada masyarakat tentang kesehatan. tapi kita lebih mengajak dan memeberikan pengarahan kepada masyarat luas pentingnya kesehatan terutama dalam preventif dan promotif.
    karena tujuan kita kan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarak.namun terkadang justru susah untuk lebih kna sama masyarak bu, oleh karena itu bu,saya masih pengen bnyak belajar dan memehami tentang promkes ini. terimakasih ibu :)....

    BalasHapus

Google+ Followers