Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Jumat, 03 Mei 2013

BEDA PEMASARAN DENGAN PENJUALAN

Apakah Saudara sudah memahami letak perbedaan pemasaran (social marketing) dengan penjualan (comercial marketing)? Jika belum silahkan tulis di dalam KOLOM KOMENTAR.

Untuk melihat materi berikutnya silahkan KLIK DI SINI.


20 komentar:

  1. Mohon penjelasan produk yang kurang fleksibel dan produk yg fleksibel...trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ibu Ani...

      Produk. Produk dalam hal ini tidak hanya barang/benda tetapi jasa, ide juga bisa dikatakan dalam produk.

      Nah, produk yang tidak fisikli itulah yang dapat dikatakan produk yang tidak fleksibel (lebih sulit dipasarkan). Sedangkan produk yang nyata/benda/barang lebih mudah dikomersialkan dan lebih fleksibel dibandingkan dengan ide atau jasa.

      Contoh:
      Ibu lebih mudah memasarkan program Keluarga Berencana dengan Cukup Anak 2 atau lebih mudah menjual produk Kondom?

      Hapus
  2. Bukankah pemasaran itu bagian dari strategi penjualan Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Ricko

      Penjualan merupakan bagian kecil dari pemasaran. Itu yang benar.

      Hapus
  3. bu maaf pada sosial marketing kenapa lebih sering mendapat tekanan oleh sasaran mohon penjelasan nya.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu Evi

      Berbicara social marketing berarti kita berbicara kepuasan konsumen, tetapi berbicara komersial marketing kita berbicara keuntungan atau laba.

      Kenapa di sosial marketing lebih sering mendapat tekanan? Pernah ibu bertanya pada pasien yang berkunjung ke Puskesmas, apakah mereka puas dengan layanan dari petugas kesehatan? Kita di Puskesmas tidak mudah membalikkan telapak tangan agar setiap pasien puas dengan layanan kita, banyak yang perlu kita perbaiki, banyak yang perlu kita tambah, banyak yang perlu kita lakukan sosialisasi.


      Hapus
  4. Bu,Mengapa sosial marketing dan komersial marketing itu Penting untuk menunjang promosi kesehatan ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Alwin...

      Bapak sebagai tenaga kesehatan, menjual jasa? menjual program kesehatan? Menjual obat?

      Pernahkah bapak menganalisis, apakah program kesehatan di terima baik oleh masyarakat kita? Apakah program kesehatan tersebut bisa merubah perilaku masyarakat kita? Apakah obat TB yang diberikan gratis dikonsumsi secara teratur selama 6 bulan oleh penderita?

      Tidak berubahnya perilaku, tidak puasnya layanan kita, tidak diminumnya obat yang dianjurkan..ada masalahkan, pak?

      Itu harus kita selesaikan, salahsatunya dengan upaya promosi kesehatan. Bagaimana kita melakukan upaya promkes kalau kita tidak tahu akar masalahnya?

      Hapus
  5. Mohon penjelasannya bu, mengapa pada sosial marketing lebih sulit memformulasikan produknya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih...

      Produk dalam ilmu pemasaran sosial tidak hanya benda/barang tetapi jasa, ide masuk di dalam suatu produk.

      Tidak mudah membuat ide yang di pahami oleh orang banyak, mbak...
      Contohnya lebih mudah diingat oleh masyarakat konser musik dengan iklan rokok daripada konser musik dengan program kesehatan.

      Hapus
  6. kalau saya pribadi belum paham bu, intisarinya apa itu social marketing dg komersial marketing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Social marketing outputnya lebih pada kebutuhan dan kepuasan konsumen sedangkan komersial marketing lebih pada laba/keuntungan.

      komersial marketing merupakan bagian terkecil dari social marketing.

      Hapus
  7. sebenarnya sosial marketing dengan komersil marketing itu sendiri apa sih bu??? kenapa yang bersifat sosial sepertinya selalu arahnya negatif???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih...

      Bukannya negatif bu tetapi kita tidak terbiasa melakukan sosial marketing yang semestinya. Seandainya kita mampu melakukan sosial marketing setiap program kesehatan, kemungkinan besar perilaku kesehatan ke arah yang baik akan tercapai. Karena apa? dengan melakukan sosial marketing kita akan mendapatkan data dan dengan data tersebut kita bisa mencari solusi yang tepat.

      Hapus
  8. maaf bu, saya belum paham apa yg dimaksud dengan perbedaan pemasaran (social marketing) dengan penjualan (comercial marketing)?

    BalasHapus
  9. bu saya mau bertanya pada sosial marketing...: mengapa banyak konsumen yang menentang terhadap penawaran?
    sedangkan konsumen tersebut membutuhkan produk, mengapa hal tersebut bisa terjadi Bu?

    BalasHapus
  10. belum paham bu tolong jelaskan..

    BalasHapus
  11. bu kenapa pemasaran dan penjualan itu sangat penting dalam promosi kesehatan,apakah ada cara2 lain untuk lebih menunjang promosi kesehatan.

    BalasHapus
  12. maf bu saya mau betanya marketing analisis dalam marketing sosial itu sulit endapatkan dana untuk riset konsumen dan persetujaun sedangan dalam komersial marketing itu sebaliknya lebih mudah dari sini sangat jls perbdaannya apakah dari perbedaan tersebut tidak meninbulkan keruaa salah satunya?dan apakan perbedaan tersebut tidak meimbulakan konflik?
    dan pada product strategi problem daalam sosisal markting slit menyeleksi dan menjalanka strategi jangka panjang namun dalam komersial justru sebaliknya
    nah,mengapa haltersebut dapat terjadi?

    BalasHapus

Google+ Followers