Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Rabu, 22 Mei 2013

KARAKTERISTIK KOMUNIKASI




Dalam suatu komunikasi tanpa kita sadari ada karakteristik yang kita gunakan, seperti gambar di sampin.
Contoh kasus:
Seorang mahasiswa FKM Malahayati melakukan penyuluhan di balai desa pada sore hari setelah warga pulang dari aktifitas. Mahasiswa tersebut akan menyampaikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat. Mahasiswa tersebut memperagakan sakit gigi diikuti dengan raungan kesakitan. Setelah itu, mahasiswa mengeluarkan poster tentang kerusakan gigi dan mulut. Interaksi yang diberikan oleh masyarakat sangat antusias diimbangi dengan banyak pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut. Kemudian mahasiswa memperagakan cara menyikat gigi dengan menggunakan phantom serta sikat gigi yang dianjurkan. Sebelum penyuluhan ditutup, mahasiswa mengingkatkan kembali untuk rutin menyikat gigi dan memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali.
Berdasarkan kasus diatas, tolong identifikasikan setiap karakteristik komunikasi di dalam KOLOM KOMENTAR.
 
Setelah memberikan komentar silahkan membuka slide selanjutnya dengan KLIK DI SINI

20 komentar:

  1. Komunikasi adalah suatu proses, Komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan punya tujuan (dilakukan dalam keadaan sadar).
    1. Komunikator Melembaga (Institutionalized Communicator) atau Komunikator Kolektif (Collective Communicator) karena media massa adalah lembaga sosial, bukan orang per orang.

    2. Pesan bersifat umum, universal, dan ditujukan kepada orang banyak.

    3. Menimbulkan keserempakan (simultaneous) dan keserentakan (instantaneos) penerimaan oleh massa.

    4. Komunikan bersifat anonim dan heterogen, tidak saling kenal dan terdiri dari pribadi-pribadi dengan berbagai karakter, beragam latar belakang sosial, budaya, agama, usia, dan pendidikan.

    5. Berlangsung satu arah (one way traffic communication).

    6. Umpan Balik Tertunda (Delayed Feedback) atau Tidak Langsung (Indirect Feedback); respon audience atau pembaca tidak langsung diketahui seperti pada komunikasi antarpribadi.

    BalasHapus
  2. 1. Komunikasi adalah suatu proses, Komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan.

    2. Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan punya tujuan
    (dilakukan dalam keadaan sadar).

    3. Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari para pelaku yang terlibat. Aktifitas komunikasi akan berlangsung dengan baik, apabila pihak-pihak yang terlibat berkomunikasi

    4. Komunikasi bersifat simbolis, Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.

    5. Komunikasi bersifat transaksional, Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan; memberi dan menerima.
    Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Komunikasi menembus faktor waktu dan ruang maksudnya bahwa para peserta atau pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama

    BalasHapus
  3. 1. Komunikasi bersifat simbolis, Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.

    2.Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Komunikasi menembus faktor waktu dan ruang maksudnya bahwa para peserta atau pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama.

    3. Saluran komunikasi adalah alat melalui mana sumber komunikasi menyampaikan pesan-pesan (messages) kepada penerima (receiver). Saluran ini dianggap sebagai penerus/penyampai pesan yang berasal dari sumber informasi kepada tujuan informasi.komunikasi dari mulut ke mulut yang terjadi dalam interaksi tatap muka antara beberapa pribadi disebut sebagai komunikasi antarpribadi

    BalasHapus
  4. 1. proses simbolis : komunikasi dg cara menggunakan lambang/ simbol baik verbal / nonverbal
    2. proses sosial : kedua pihak mempunyain makna yg sama terhadap simbol yg dipertukarkan
    3. proses satu / dua arah : komunikator melibatkan komunikan dlm menyampaikan pesan
    4. korientasi ; masalah yg diderita
    5. porvosiv & persuasive : sesuikebutuhan
    6. interprestasi individu : kemauan
    7. pertukaran makna : memberikan makna yg jelas dlm menyampaikan pesan
    8. konteks : waktu tempat yg sesuai

    BalasHapus
  5. Komunikasi bersifat simbolis, Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.

    Komunikasi sebagai proses sosial adalah bagian integral dari masyarakat. Secara garis besar komunikasi sebagai proses sosial di masyarkat memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut Komunikasi menghubungkan antar berbagai komponen masyarakat. Komponen di sini tidak hanya individu dan masyarakat saja, melainkan juga berbagai bentuk lembaga sosial

    Komunikasi merupakan proses satu arah atau dua arah
    Bersifat satu arah, manakala, komunikator tidak memberikan kesempatan kepada komunikannya untuk memberikan umpan balik dalam bentuk pertanyaan. Sebaliknya bila komunikator memberikan umpan balik dalam bentuk pertanyaan adalah bentuk komunikasi dua arah.

    Komunikasi bersifat koorientasi
    Komunikasi bersifat koorientasi, karena dua belah pihak atau lebih, terlibat dalam komunikasi yang mempunyai tujuan yang sama


    Komunikasi bersifat purposif dan persuasif
    Komunikasi bersifat purposif karena komunikasi merupakan aktivitas pertukaran pesan-pesan dengan tujuan yang sudah ditentukan. Bersifat persuasif karena komunikasi bertujuan untuk mempengaruhi perubahan-perubahan sikap.


    Komunikasi mendorong interpretasi individu
    Dalam komunikasi, pengirim pesan maupun penerima pesan harus menginterpretasikan pesan sesuai dengan maksud pengirim


    Komunikasi merupakan aktivitas pertukaran makna

    Komunikasi yang berlangsung antarmanusia tidak dapat dipahami hanya melalui kata-kata yang diucapkan atau yang ditulis. Komunikasi hanya dapat dipahami jika pesan-pesan komunikasi dipahami dalam dua makna, yaitu makna denotatif (arti kata berdasarkan kamus) dan makna konotatif (arti kata bedasarkan konteks tertentu) dari situasi yang berbeda di balik kata-kata itu.

    Komunikasi terjadi dalam konteks

    Komunikasi dilakukan oleh manusia selalu dalam berada dalam sebuah ruang dan waktu, atau disesuaikan dengan konteks ruang dan waktu. Konteks yang dimaksud berupa :

    a. Lingkungan fisik, misalnya di klinik praktik pribadi, Puskesmas, di tepi jalan raya, di masjid dan lain-lain

    b. Antar budaya manakala komunikasi itu melibatkan komunikator dan komunikan yang berbeda latar belakang kebudayaannya

    c. Psikologis, artinya komunikasi itu memperhatikan beragam faktor psikologis seperti persepsi, sikap, motivasi, kebutuhan, keinginan dari pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi

    d. Personal, artinya aktivitas komunikasi memperhitungkan situasi hubungan antarpribadi (interaksi sosial, relasi sosial, atau transaksi sosial)

    e. Kelompok, artinya aktivitas komunikasi turut memperhatikan sifat dan karakteristik kelompok, jumlah anggota dalam kelompok, daya tarik kelompok, dinamika kelompok, dan lain-lain

    f. Organisasi, artinya aktivitas komunikasi turut memperhatikan tujuan organisasi, karakteristik atau sifat organisasi, jumlah orang dalam organisasi, daya tarik organisasi, dinamika organisasi, dan lain-lain

    g. Massa, artinya aktivitas komunikasi turut memperhatikan sifat-sifat massa, atau kategori massa yang dapat dirinci dalam ciri-ciri kategori seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal, gaya hidup dan lain-lain








    BalasHapus
  6. Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya.

    BalasHapus
  7. Komunikasi adalah suatu proses, Komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan punya tujuan (dilakukan dalam keadaan sadar).
    1. Komunikator Melembaga (Institutionalized Communicator) atau Komunikator Kolektif (Collective Communicator) karena media massa adalah lembaga sosial, bukan orang per orang.

    2. Pesan bersifat umum, universal, dan ditujukan kepada orang banyak.

    3. Menimbulkan keserempakan (simultaneous) dan keserentakan (instantaneos) penerimaan oleh massa.

    4. Komunikan bersifat anonim dan heterogen, tidak saling kenal dan terdiri dari pribadi-pribadi dengan berbagai karakter, beragam latar belakang sosial, budaya, agama, usia, dan pendidikan.

    5. Berlangsung satu arah (one way traffic communication).

    6. Umpan Balik Tertunda (Delayed Feedback) atau Tidak Langsung (Indirect Feedback); respon audience atau pembaca tidak langsung diketahui seperti pada komunikasi antarpribadi.

    BalasHapus
  8. yakni pada saat komunikator memberi penyuluhan dg mnggunakan simbol, atau benda peraga menyikat gigi. adanya komunikasi simbolis.
    dan proses sosial yaitu pada saat komunikator memberi sosialisasi kpd anak" untuk menyikat gigi.
    dan aadanya interaksi antara komunikan dg komunikator, timbal balik/ 1/2 arah

    dan adanya pertukaran makna, antara komunikan dg komunikator yakni mengintrepretasikan apa yg di sosialisasi,
    dan purposiv yakni tujuan serta daya tarik yang ditunjukan , dan terjadi pada waktu kpn ? tempat serta latar, dan terkoorientasi, maksud nya mampu mengkordinir anak" tersebut.

    BalasHapus
  9. simbolis itu seperti membawa alat tiruan gigi.
    sosial itu seperti siswa fkm akan mengadakan penyuluhan kepada warga
    proses 1/2 arah itu seperti para warga sangat antusias dalam penyuluhan kali ini. mereka banyak bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut
    bersifar persuasif sperti mahasiswa mengajak warga untuk menyikat gigi dengan benar serta menjaga kesehatannya
    terjadi dalam konteks seperti waktu yaitu sore hari, tempatnya di balai desa

    BalasHapus
  10. proses simbolis contohnya membawa alat tiruan gigi dan mulut
    proses 1/2 arah contohnya banyak warga yang bertanya
    terjadi dalam konteks contohnya waktu, tempat

    BalasHapus
  11. komunikasi yg bersifat simbolis ada komunikssi yg dengan cara menggunakan lambang-lambang.

    Komunikasi adalah suatu proses, Komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan

    Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan punya tujuan (dilakukan dalam keadaan sadar)

    Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari para pelaku yang terlibat. Aktifitas komunikasi akan berlangsung dengan baik, apabila pihak-pihak yang terlibat berkomunikasi

    Komunikasi bersifat simbolis, Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.

    Komunikasi bersifat transaksional, Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan; memberi dan menerima.

    BalasHapus
  12. karakteristik komunikasi:
    1. komunikasi adalah suatu proses, komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan
    2. Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan punya tujuan (dilakukan dalam keadaan sadar)
    3. Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari para pelaku yang terlibat. Aktifitas komunikasi akan berlangsung dengan baik, apabila pihak-pihak yang terlibat berkomunikasi
    4. Komunikasi bersifat simbolis, Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.
    5. Komunikasi bersifat transaksional, Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan; memberi dan menerima.
    6. Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu, Komunikasi menembus faktor waktu dan ruang maksudnya bahwa para peserta atau pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama.

    BalasHapus
  13. Annisa Mutiara27 Mei 2013 06.36

    1. Proses simbolis : Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.
    => berdasarkan contoh tersebut komunikator memperagakan sakit gigi yang di ikuti dengan raungan, setelah itu komunikator memberikan poster tentang kerusakan gigi dan mulut, setelah itu komunikator juga memperagakan cara menyikat gigi kepada komunikan.

    2. Proses sosial : hubungan timbal balik antara komunikator dengan komunikan.
    => berdasarkan contoh tersebut, terdapat timbal balik antara komunikator dan komunikan, dimana komunikator memberikan poster mengenai kerusakan gigi dan mulut yang direspon oleh komunikan (dengan adanya pertanyaan yang diajukan komunikan kepada komunikator.

    3. Proses 1 atau 2 arah :
    - Proses yang berersifat satu arah : apabila komunikator tidak memberikan kesempatan kepada komunikannya untuk memberikan umpan balik dalam bentuk pertanyaan.
    - Proses yang bersifat dua arah : apabila komunikator memberikan kesempatan komunikan untuk bertanya.
    => berdasarkan contoh tersebut, proses komunikasi yang terjadi adalah proses dua arah. hal ini terbukti karena komunikator memberi kesempatan pada komunikan untuk bertanya.

    4. komunikasi bersifat koorientasi : antara komunikator dan komunikan terlibat dalam komunikasi yang mempunyai tujuan yang sama.
    => berdasarkan contoh tersebut, tujuan dari penyuluhan tersebut ialah agar masyarakat dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

    5. Komunikasi bersifat purposif dan persuasif
    - Komunikasi bersifat purposif : merupakan aktivitas pertukaran pesan-pesan dengan tujuan yang sudah ditentukan.
    - Bersifat persuasif : bertujuan untuk mempengaruhi perubahan-perubahan sikap.
    => berdasarkan contoh tersebut, komunikasi bersifat purposif dan persuasif karena adanya pertukaran pesan dari komunikator ke komunikan mengenai kesehatan gigi dan mulut, dan komunikator bertujuan untuk merubah sikap dari masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan gigi dan mulutnya.

    6. Komunikasi mendorong interpretasi individu : dalam komunikasi, komunikator maupun komunikan harus menginterpretasikan (menafsirkan) pesan sesuai dengan maksud pengirim.
    => berdasarkan contoh tersebut, sebelum memberikan penyuluhan komunikator hendaknya paham mengenai hal yang ingin disampaikannya (mengenai kesehatan gigi dan mulut).
    karena telah mendapat informasi dari komunikator, komunikan dapat mengetahui juga mengenai kesehatan gigi dan mulut.

    7. Aktivitas pertukaran makna : proses penyampaian makna dalam bentuk gagasan atau informasi dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu.
    => berdasarkan contoh tersebut, komunikator menyampaikan pesan melalui media poster.

    8. Terjadi di dalam konteks : komunikasi yang disesuaikan pada konteks ruang dan waktu tertentu.
    => berdasarkan contoh tersebut, komunikator melakukan penyuluhan pada sore hari ketika komunikan telah selesai melakukan aktivitasnya.



    BalasHapus
  14. Lisa Ida Rohani27 Mei 2013 08.29

    KARAKTERISTIK KOMUNIKASI

    1. Komunikasi adalah suatu proses, Komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan

    2. Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan punya tujuan (dilakukan dalam keadaan sadar)

    3. Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari para pelaku yang terlibat. Aktifitas komunikasi akan berlangsung dengan baik, apabila pihak-pihak yang terlibat berkomunikasi

    4. Komunikasi bersifat simbolis, Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.

    5. Komunikasi bersifat transaksional, Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan; memberi dan menerima.

    6.Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Komunikasi menembus faktor waktu dan ruang maksudnya bahwa para peserta atau pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama.

    BalasHapus
  15. putri aprilia27 Mei 2013 16.50

    mahasiswa menggunakan proses simbolis, maksudnya dalam berkomunikasi menggunakan simbol-simbol dalam menyampaikan message atau pesan, simbol simbol tersebut dapat berupa simbol verbal maupun simbol non verbal, oleh karena itu komunikator bersifat simbolis


    BalasHapus
  16. 1 menggunakan proses simbolis, maksudnya dalam berkomunikasi menggunakan simbol-simbol dalam menyampaikan message atau pesan, simbol simbol tersebut dapat berupa simbol verbal maupun simbol non verbal, oleh karena itu komunikator bersifat simbolis
    2.Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dapat dilihat apa bila orang perorang atau
    kelompok sosial saling bertemu dan menentukan bentuk hubungan tersebut,pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan orang perorang atau kelompok secara bersama
    3.komunikasi dua arah merupakan komunikasi yang berlangsung antara dua pihak dan ada timbal balik baik dari komunikator maupun komunikan. Komunikasi dua arah dapat terjadi secara vertical, horizontal, dan diagonal.
    4.komunikasi bersifat koorientasi antara komunikator dan komunikan terlibat dalam komunikasi yang mempunyai tujuan yang sama.
    5.Komunikasi bersifat purposif dan persuasif merupakan aktivitas pertukaran pesan-pesan dengan tujuan yang sudah ditentukan.
    6.Komunikasi mendorong interpretasi individu yaitu dengan adanya komunikasi maka dapat mengerti apa yang harus dilakukan sesuai pesan dr pengirim
    7.pertukaran makna yaitu pengirim dan menerima menyampaikan apa yang ingin di sampaikan sampai kedua duanya mengerti
    8.Terjadi di dalam konteks yaitu komunikasi yang disesuaikan pada konteks ruang dan waktu tertentu

    BalasHapus
  17. Karakteristik komunikasi:

    *Komunikasi adalah suatu proses artinya komunikasi
    merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan serta berkaitan satu sama lainnya dalam kurun waktu tertentu. Sebagai suatu proses konukikasi tidak statis tapi dinamis, dalam arti akan selalu memahami
    perubahan dan berlansung terus menerus.

    *Komunikasi adalah upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan, maksudnya bahwa komunikasi yang dilakukan memang sesuai dengan kemauan dari pelakunya sementara tujuan menunjuk pada hasil atau akibat yang ingin dicapai.

    *Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari
    para pelaku yang terlibat.

    *Komunikasi bersifat simbolis

    *Komunikasi bersifat transaksional

    *Komunikasi menembus faktor waktu dan ruang

    BalasHapus
  18. 1. Komunikasi adalah suatu proses, Komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan.

    2. Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan punya tujuan (dilakukan dalam keadaan sadar).

    3. Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari para pelaku yang terlibat. Aktifitas komunikasi akan berlangsung dengan baik, apabila pihak-pihak yang terlibat berkomunikasi

    4. Komunikasi bersifat simbolis, Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.

    5. Komunikasi bersifat transaksional, Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan; memberi dan menerima.
    Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Komunikasi menembus faktor waktu dan ruang maksudnya bahwa para peserta atau pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama.

    BalasHapus
  19. Karakteristik Komunikasi

    1. People communicate for a variety of reason: manusia berkomunikasi dengan berbagai macam alasan, misal intelektual (contoh: diskusi kluiah di kelas), emosional (misal: mengungkapkan kejengkelan atas suatu ketidak-adilan), dan sosial (misal: memberi masukan solusi untuk menangani masalah air rob di Semarang).

    2. Communication may have intentional and unintentional effects: apa yang kita katakan dan lakukan tidak selalu dimaknai orang lain seperti yang kita kehendaki. Setiap orang memiliki otonomi (free will) dalam memaknai suatu realitas. Moralitas dari hal tersebut: jangan pernah menyatakan diri paling benar karena kalau demikian akan menimbulkan polarized communication - akan akada pengkutuban komunikasi dimana kedua kutub bertentangan (konflik)

    3. Communication involves the use of symbols: Lambang-lambang verbal dan non verbal secara lisan maupun tertulis merupakan alat utama dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan.

    4. Communication involves at least two people, to varying degrees, influence to each other’s actions: Berkomunikasi dengan (lebih dari sekadar) kepada orang lain. Communicate With Others (setara); Communicate To Others (tidak setara). Esensi komunikasi adalah dialog: memberikan kesempatan kepada banyak suara atau pendapat.

    5. Communication needs not be successful to have occurred: Komunikasi tidak mesti langsung berhasil, gak jadi soal berhasil atau tidak. Komunikasi adalah proses (misal perundingan GAM dengan Jakarta perlu berkali-kali untuk sampai pada kesepakatan)

    Komunikasi adalah proses bertemunya orang yang memiliki perbedaan frame of reference dan field of experince guna menciptakan commonness.

    6. Communication is dynamics: Semua elemen komunikasi berinteraksi dengan/dan mempengaruhi satu sama lain. Terjadi selama hayat dikandung badan. Saling berhubungan berhubungan satu sama lain.

    7. Communication is unrepeatable and irreversible: Sekali komunikasi terjadi, tidak akan bisa diulangi (unrepeatable), misal: kita tak bisa mengulangi marah. Juga tidak dapat dirubah (irreversible), sekali kata-kata keluar, maka ia abadi. Komunikasi bersifat unik dan tidak pernah dapat terjadi secara tepat dalam cara yang sama.

    8. Communication is affected by culture: Bagaimana kita mengkomunikasikan (merumuskan dan menginterpretasikan) pesan tergantung budaya (ras, etnisitas, gender, umur) dimana kia berada.

    9. Communication is influenced by ethics: Selalu dipengaruhi oleh etika. Kita akan selalu menimbang apakah komunikasi ini atau itu sesuai tidak dengan etika atau prinsip-prinsip moral, nilai-nilai, dan keyakinan-keyakinan yang dipakai sebagai pemandu perilaku. Komunikasi memiliki konsekuensi, sehingga melibatkan penilaian benar atau salah. Good or bad, right or wrong?

    10. Communication is competence-based: Kompetensi atau kecakapan komunikasi merupakan hasil penilaian orang lain. Kompetensi menyangkut knowledge, attitude, dan skills.

    11. Communication is being transformed by media and technology: Saat ini media dan teknologi merubah segala hal terkait dengan komunikasi. Kalau dulu perlu menunggu seminggu untuk sekedar berucap selamat tahun baru, sekarang dengan SMS, langsung sampai.

    BalasHapus
  20. Karakteristik komunikasi:
    -Komunikasi adalah suatu proses artinya komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan serta berkaitan satu sama lainnya dalam kurun waktu tertentu. Sebagai suatu proses konukikasi tidak statis tapi dinamis, dalam arti akan selalu memahami perubahan dan berlansung terus menerus.
    -Komunikasi adalah upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan.maksudnya bahwa komunikasi yang dilakukan memang sesuai dengan kemauan dari pelakunya sementara tujuan menunjuk pada hasil atau akibat yang ingin dicapai
    -Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari para pelaku yang terlibat.
    -Komunikasi bersifat simbolis
    -Komunikasi bersifat transaksional
    -Komunikasi menembus faktor waktu dan ruang

    BalasHapus

Google+ Followers