Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Jumat, 03 Mei 2013

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI

Gambar di atas merupakan unsur penting dari komunikasi kesehatan. Komunikator istilah umumnya adalah pembicara, narasumber (source), sedangkan komunikan istilah umumnya adalah audience, dan pendengar. Diantara pembicara dan pendengar terdapat unsur pesan, media (alat) dan metode (cara penyampaian).

Apakah ada pertanyaan? Silahkan tulis di dalam KOLOM KOMENTAR.

Untuk melihat materi berikutnya silahkan KLIK DI SINI

5 komentar:

  1. maaf bu saya mau bertanya, pesan komunikasi terbagi kedalam komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi non verbal itu yang seperi apa dan lebih efektif yang mana dalam pelaksanaanya.terimakasi buuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak susanti...dalam ilmu komunikasi kesehatan pesan non verbal dan verbal masuk di dalam topik cara mengelola pesan.
      Pesan non verbal:
      1. Kinesik (bahasa isyarat tubuh/anggota tubuh) --gesture, ekspresi wajah, bersalaman, kontak mata
      2. Proksemik (nahasa non verbal yg ditunjukkan oleh ruang dan ajarak) -- jarak (sahabat intim, teman say hello, dll), ruang (ukuran ruang, warna, pencayahaan, dll), waktu (dalam pertemuan, on time, dll)
      3. Haptik (zero proxemics) tidak adalagi jarak, waktu, ruang -- misal ibu susanti tanpa beban mengelus kepala anaknya (anak memiliki hubungan kekerabatan dengan ibu, dll)
      4. Paralinguistik (penggunaan suara)
      5. Artifak (komunikasi non verbal dengan pelbagai benda material disekitar kita yang mampu memberikan pesan) -- misal cara kita berkomunikasi akan berbeda dengan pemimpin turun dari mobil mewah dengan pemimpin turun dari mobil murah, dll

      Pesan verbal:
      Kata atau kalimat yang kita gunakan untuk berkomunikasi dengan lawan bicara kita. Ada beberapa pesan verbal yang perlu kita perhatikan:
      1. Dialek -- variasi penggunaan bahasa disuatu daerah
      2. Aksen -- kekhasan tekanan dalam ucapan bahasa lisan.
      3. Jargon -- sebuah unit kata atau istilah yang dipertukarkan oleh mereka yang sama profesi atau pengalaman. Contoh: orang kesmas tahu sekali apa arti prevalensi, insidensi, morbidity, mortality tapi istilah ini tidak dikenal oleh orang-orang teknik ataupun ekonom.
      4. Argot -- bahasa khusus yang digunakan oleh suatu kelompok tertentu untuk mendefinisikan batas-batas kelompok mereka dengan kelompok yang lain. Contoh: sincai lah, kepo, sindang (bahasa ini awalnya hanya dikenal oleh para waria)

      Hapus
  2. maaf bu, saya mau bertanya
    apa unsur yang paling penting dari seorang komunikator, agar komunikan mampu di ajak oleh komunikator tersebut?

    BalasHapus
  3. saya rasa jelas bu karna sudah di jelaskan di kelas.

    BalasHapus
  4. ibu apa perbedaan komunikator dengan komunikan dan contohnya apa saja bu?

    BalasHapus

Google+ Followers