Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Jumat, 26 April 2013

STRATEGI PROMOSI KESEHATAN

SELAMAT DATANG PADA ASISTENSI
MATA KULIAH STRATEGI PROMOSI KESEHATAN

Untuk memulai perkuliahan ini, silahkan melakukan ABSEN DI DALAM KOLOM KOMENTAR 
(Contoh: Lolita, 11420000, Hadir)


Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai ADVOKASI KESEHATAN dimana merupakan salah satu strategi dalam promosi kesehatan.
Untuk memulai perkuliahan ini silahkan KLIK DI SINI

REVIEW STRATEGI PROMKES

Bahasan mengenai strategi promosi kesehatan, tidak lepas dari advokasi, bina sosial dan pemberdayaan. Secara garis besar definisi materi ini sudah diberikan pada pertemuan sebelumnya. 

Tetapi untuk memahami apa dan bagaimana advokasi kesehatan itu silahkan KLIK DI SINI

DEFINISI ADVOKASI KESEHATAN


Apakah definisi advokasi di atas sudah jelas? Jika belum silahkan tulis DI DALAM KOLOM KOMENTAR.

Untuk memhami lebih jauh mengenai tujuan advokasi SILAHKAN KLIK DI SINI




TUJUAN ADVOKASI KESEHATAN

Apa yang Saudara bisa jelaskan mengenai tujuan advokasi?

Silahkan tuangkan pendapat Saudara DI DALAM KOLOM KOMENTAR

Kapan dan dimana saja bisa melakukan advokasi silahkan KLIK DI SINI

WAKTU ADVOKASI


Kapan dan dimana saja sebenarnya kita bisa melakukan advokasi. Tidak terbatas oleh jarak, waktu dan ruang seperti penjelasan dari gambar di atas.

Bagaimana melakukan advokasi? Silahkan KLIK DI SINI

PROSES ADVOKASI


Setelah memahami gambar di atas, apa pendapat Saudara mengenai proses advokasi?
Silahkan tuangkan pendapat Saudara DI DALAM KOLOM KOMENTAR

Siapa saja atau orang seperti apa yang bisa menjadi pelaksana advokasi SILAHKAN KLIK DI SINI

PELAKSANA ADVOKASI KESEHATAN

Untuk menjadi seorang pelaksana advokasi memiliki persyaratan-persyaratan yang lebih mengarah pada kualitas pribadi seperti cakap komunikasi, pendengar yang baik, terbuka, dan lain sebagainya bisa dilihat pada gambar di atas.

Jika ada yang mau menambahkan ataupun mengurangi persyaratan menjadi seorang pelaksana advokasi kesehatan silahkan tuangkan pendapat Saudara DI DALAM KOLOM KOMENTAR.

Bagaimana membuat dan mengembangkan pesan advokasi kesehatan silahkan KLIK DI SINI


PESAN DALAM ADVOKASI KESEHATAN



Membuat pesan advokasi dalam strategi promosi kesehatan bukanlah perkara yang mudah. Banyak yang harus diperhatikan mulai data yang empirik, mampu menyentuh akal dan rasa dalam arti pesan haruslah yang persuasif sehingga mampu mempengaruhi kognitif, afektif, konatif dari decision makers.

Coba Saudara membuat pesan advokasi yang efektif DI DALAM KOLOM KOMENTAR.

Untuk memahami siapa saja pelaku dan sasaran dari advokasi kesehatan silahkan KLIK DI SINI


PELAKU DAN SASARAN ADVOKASI KESEHATAN


Apa beda pelaku dan sasaran menurut gambar di atas?

Silahkan tulis pendapat Saudara DI DALAM KOLOM KOMENTAR

Untuk mengetahui hasil yang diharapkan dari suatu advokasi silahkan KLIK DI SINI

HASIL YANG DIHARAPKAN DARI ADVOKASI KESEHATAN


Setiap sesuatu tindakan/kegiatan ada yang diharapkan, begitu juga dengan strategi advokasi.
Adanya kedekatan, kepercayaan dan kepedulian baik secara personal maupun secara organisasi dalam mendukung tujuan yang diharapkan.

Apakah ada pertanyaan dari gambar di atas?

Sebelum mengakhiri pertemuan ini, silahkan Saudara melakukan ABSEN AKHIR DI KOLOM KOMENTAR.

Terima Kasih dan Salam Sehat

Senin, 22 April 2013

DASAR PROMOSI KESEHATAN TM 1


Selamat Datang di Matrikulasi E-Learning Mata Kuliah Promosi Kesehatan
Sebelum memulai matrikulasi  e-learning ini, mahasiswa WAJIB ABSEN dengan mengisi NAMA, NPM, HADIR di KOLOM KOMENTAR. (Contoh: Lolita, 12410000, Hadir)

TOPIK 1: PENGANTAR PROMOSI KESEHATAN
Untuk memulai materi selanjutnya silahkan KLIK DI SINI


PERMASALAHAN KESEHATAN

Apa yang sudah kita lakukan untuk kesehatan pada diri kita? pada keluarga kita? pada masyarakat kita?
Apakah saudara masih berfikir bahwa belajar promosi kesehatan berarti melakukan upaya penyuluhan saja?
Untuk memahami sejauhmana promosi kesehatan itu, silahkan saudara melihat kurang lebih topik yang akan kita bahas pada mata kuliah promosi kesehatan dan silahkan KLIK DI SINI

TOPIK PROMKES


Gambar di atas merupakan topic yang akan kita diskusikan pada metrikulasi e-learning mata kuliah Promosi Kesehatan.

Teori dasar promosi kesehatan membahas mengenai masalah-masalah dalam kesehatan masyarakat dimana konsep promosi mampu memasarkan, memperkenalkan pesan-pesan kesehatan sehingga masyarakat menerima perilaku kesehatan yang akhirnya mau berperilaku hidup sehat. Manusia adalah makhluk social yang saling bergantung kehidupannya satu sama lain (hidup bermasyarakat). Manusia juga makhluk berbudaya yang dikaruniai akal oleh Tuhan sehingga mampu memecahkan masalah yang dihadapinya termasuk masalah kesehatan. Dengan kata lain aspek social budaya berhubungan dengan perilaku kesehatan.
Seseorang, kelompok atau masyarakat yang mampu berperilaku hidup sehat melalui tahap-tahap perubahan perilaku. Tahap perubahan perilaku seseorang, kelompok atau masyarakat dapat dilihat melalui teori-teori perubahan perilaku yang saat ini mudah sekali didapatkan. Salahsatu teori perubahan perilaku yang akan kita pelajari adalah teori L. Green (1980) dengan menggunakan pendekatan PRECEDE PROCEDE. Dengan metode ini kita diharapkan mampu membuat perencanaan dan evaluasi kesehatan melalui beberapa tahap atau phase. 

Nah, setelah kita memahami deskripsi topic matrikulasi dari mata kuliah promosi kesehatan, maka saudara dapat memahami lebih mendalam mengenai topic ini dengan melakukan KLIK DI SINI

PERGESERAN ISTILAH


Sebelum kita membahas lebih banyak mengenai teori dasar promosi kesehatan, ada baiknya kita mengulas sesaat mengenai pergeseran istilah dalam promosi kesehatan. Pendidikan kesehatan pada era tahun 80-an menekankan pada pemberian informasi kesehatan melalui media dan teknologi pendidikan kepada masyarakat dengan harapan masyarakat mau melakukan perilaku hidup sehat.

Namun kenyataannya, perubahan tersebut sangat lamban sehingga dampaknya terhadap perbaikan kesehatan sangat kecil. Dengan pernyataan lain, peningkatan pengetahuan yang tinggi tidak diikuti dengan perubahan perilaku. Hasil penelitian, 80% masyarakat tahu cara mencegah demam berdarah dengan melakukan 3M (menguras, menutup dan mengubur) tetapi hanya 35% dari masyarakat yang benar-benar melakukan 3M tersebut.

Oleh sebab itu, agar pendidikan kesehatan tidak terkesan negative, maka para ahli pendidikan kesehatan global yang dimotori oleh WHO, pada tahun 1984 merevitalisasi pendidikan kesehatan tersebut dengan menggunakan istilah promosi kesehatan. Promosi kesehatan tidak hanya mengupayakan perubahan perilaku saja tetapi juga perubahan lingkungan yang menfasilitasi perubahan perilaku tersebut. Disamping itu promosi kesehatan lebih menekankan pada peningkatan kemampuan hidup sehat bukan sekedar berperilaku sehat.
Berbicara mengenai hidup sehat ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu arti sehat. Untuk lebih memahami definisi sehat silahkan KLIK DI SINI

DEFINISI SEHAT















Setelah kita membaca definisi sehat di atas pahamilah bahwa ada perubahan batasan kesehatan yang terjadi. Silahkan mahasiswa untuk menjawab dan mendiskusikan mengenai perubahan batasan kesehatan saat ini. Tuangkan pendapat saudara didalam kolom komentar.

Sehat dan menjadi sehat ada upaya yang harus dilakukan. Salahsatunya dengan melakukan upaya promosi kesehatan. Untuk lebih memahami upaya promosi kesehatan yang telah diputuskan pada konferensi  1 di Kanada (1986) silahkan KLIK DI SINI

Google+ Followers