Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Selasa, 25 Februari 2014

PERANAN MEDIA

Coba mahasiswa jelaskan mengenai peranan media dalam komunikasi kesehatan dan berikan contohnya. Tulis komentar Saudara di dalam KOLOM KOMENTAR.


Terima kasih Saudara telah mengikuti perkuliahan pertemuan 1 untuk mata kuliah Komunkasi Kesehatan. Terima Kasih dan Salam Sehat Selalu.


11 komentar:

  1. Peranan media dlm komunikasi kesehatan adalah Proses penyampaian pesan kesehatan oleh komunikator melalui saluran/media tertentu kepada komunikan dengan tujuan untuk mendorong perilaku manusia tercapainya kesejahteraan sebagai kekuatan yang mengarah kepada keadaan, contohnya (status) sehat utuh secara fisik, mental (rohani) dan sosial :)

    BalasHapus
  2. peranan media dalam komunikasi kesehtan sangat penting, terutama komunikator mampu memanipulasi pesan atau media yang akan di sampaikan.. karena media adlah alat untuk membantu menarik perhatian, dan tidak bersifat hitam putih saja.. misal dalam mencontohkan membuang sampah atau 3M , dalam penyuluhan.. di media dapat kita buat sebuah animasi.. atau semacam pesan berupa seperti drama mugkin, atau lelucon sindiran namun membangun :D begitu bu... trm kasih bu..

    BalasHapus
  3. peran media dalam komunikasi itu penting,,karena mungkin dengan adanya media audiens lebih tertarik,dan tidak bosan saat komunikator menyampaikan pesan-pesan
    contohnya penyuluhan PHBS,,dengan media kita/komunikator tersebut dapat membuatnya semenarik mungkin agar audiens mudah mengerti cara PHBS yang baik dan benar serta meyakinkan audiens bahwa PHBS itu penting,,dan dengan adanya media yang menarik audiens akan lebih mudah mengingat dan tidak cepat merasa bosan
    mungkin itu saja menurut saya bu

    BalasHapus
  4. didalam komunikasi kesehatn media merupakan hal yg sangat penting untuk menyampaikan sebuah pesan ,,, contoh dg sebuah media elektonik seorang komunikator dapat dg mudah dalam menyampaikan pesannya kepada audiens atau komunikan serta komunikan dapat dg mudah menyerap info yg disampaikan oleh komunikator :)

    BalasHapus
  5. peranan media dalam komunikasi kesehatan adalah sangat penting bagi komunikator untuk menyampaikan tujuan secara jelas agar dapat mempengaruhi prilaku komunikan.
    contoh, ada penyuluhan dan yang datang 100 orang, tidak mungkin komunikator dalam menyampaikan materinya secara teriak-teriak atau kalau pelan-pelan pasti tidak terdengar oleh komunikan,sehingga menggunakan microfon dan sound juga dilengkapi dengan LCD, dengan begitu masyarakat dapat melihat dan mendengarkan dengan jelas, dengan pengetahuan yang diberikan komunikator dapat merubah perilaku komunikan tersebut.

    terimakasih bu'

    BalasHapus
  6. Peranan media dalam komunikasi kesehatan adalah Proses penyampaian pesan kesehatan oleh komunikator melalui saluran/media tertentu kepada komunikan dengan tujuan untuk mendorong perilaku manusia tercapainya kesejahteraan sebagai kekuatan yang mengarah kepada keadaan, contohnya (status) sehat utuh secara fisik, mental (rohani) dan sosial

    BalasHapus
  7. media sangat lah penting dalam komuniukasi,sangat lah membantu kita dalamn berkomunikasi dan menyampaikan pesan dan info,media adlah alat untuk membantu menarik perhatian, dan tidak bersifat hitam putih saja.. misal dalam mencontohkan membuang sampah atau 3M , dalam penyuluhan.. di media dapat kita buat sebuah animasi.. atau semacam pesan berupa seperti drama mugkin

    BalasHapus
  8. peranan media dalam komunikasi kesehatan adalah untuk mempermudah masyarakat dalam menerima isi pesan yang disampaikan oleh komunikator contohnya seperti melakukan penyuluhan kepada anak sd tentang bagaimana cara menyikat gigi yang benar komunikator membawa alat peraga yang mendukung seperti alat peraga gigi, sikat gigi, dll.

    BalasHapus
  9. peran media dalamkomunkasi kesehatan, sangatpenting karena sebagai alat peraga juga menambah mengerti audiens seperti alat peraga sokat gigi,
    sehingga audiens mudah mengerti dan menirukan

    BalasHapus
  10. Peran media dalam komunikasi kesehatan adalah usaha yang sistematis untuk mempengaruhi secara positif perilaku kesehatan masyarakat, dan dengan adanya media komunikasi kesehatan semua sarana atau upaya menampilkan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator, baik melalui media cetak, elektronika, dan media luar ruang, sehingga pengetahuan sasaran dapat meningkat dan akhirnya dapat mengubah perilaku ke arah positif terhadap kesehatan masyarakat..

    BalasHapus

Google+ Followers