Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Selasa, 06 Mei 2014

Komunikasi Non Verbal - Kinesik

* Kinesik
Kinesik adalah pesan non verbal yang diimplementasikan dalam bentuk bahasa isyarat tubuh atau anggota tubuh. perhatikan bahwa para penyuluh kesehatan tidak saja menggunakan kata-kata verbal tetapi juga memperkuat pesan-pesan itu dengan bahasa isyarat.

1. Gesture
Gesture merupakan bahasa isyarat yang ditampilkan oleh gerakan anggota tubuh. Contoh: Mengacungkan jempol tangan ke bawah yang artinya adalah kegagalan, dll

2. Ekspresi Wajah
Banyak orang memahami informasi dari orang lain hanya karena mereka memandang ekspresi wajah orang itu. Di dunia tercatat sekurang-kurangnya 30.000 lebih ekspresi wajah yang berbeda satu sama lainnya. 

3. Bersalaman
Bersalaman merupakan sesuatu yang lazim dilakukan ketika kita bertemu seseorang. Perbedaan budaya dari audiens akan memebrikan makna yang berbeda atas salaman itu. Contoh: orang Portugis menyukai cara menyapa dengan berjabat tangan dengan hangat dan kuat, dll.

4. Kontak Mata
Kontak mata merupakan simbol non verbal yang sangat penting dalam beberapa kebudayaan namun tidak penting bagi kebudayaan lainnya. Contoh: Di pedesaan NTT, saat penyuluhan komunikan lebih suka mendengarkan sambil melakukan kontak mata, berbeda dengan orang jawa, saat penyuluhan lebih mengutamakan telinga daripada kontak mata.

Jika ada yang belum jelas untuk materi ini silahkan TULIS DI DALAM KOLOM KOMENTAR.
Untuk melihat materi selanjutnya silahkan KLIK POSTING LAMA PADA LAMAN KANAN BAWAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google+ Followers