Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Selasa, 06 Mei 2014

Komunikasi Non Verbal - Proksemik dan Haptik


* Proksemik
Proksemik adalah komunikasi non verbal yang ditunjukkan dengan ruang dan jarak antara individu dengan orang lain. Proksemik dibagi atas:

1. Proksemik Jarak
Proksemik jarak merupakan bahasa sebagai simbol komunikasi yang paling sensitif. Contoh: jarak sahabat, jarak keluarga, jarak sosial, jarak pribadi, dll. Umumnya jarak fisik menunjukkan pula kedekatan psikologis dan sosiologis dengan lawan bicara.

2. Proksemik Ruang
Proksemik ruang yang dimaksud dalam komunikasi non verbal dimana situasi ruang/tempat untuk mempengaruhi dalam berkomunikasi. Contoh:

a. Ukuran ruang. Ukuran ruang yang kecil dengan audiens yang sangat banyak, pesan bisa tidak tersampaikan karena audien tidak nyaman ruangan penuh sesak.

b. Hawa/udara dalam ruang. Hawa ruangan yang panas hanya membuat audiens gaduh dan kepanasan sehingga tidak konsentrasi dalam pemberian informasi.

c. Warna. Warna ruangan yang gelap hanya membuat audiens tidur sehingga tidak mendengarkan komunikator dalam penyampaian pesan.

d. Pencahayaan. Pencahayaan di dalam suatu ruang komunkasi seperti rapat, proses belajar mengajar baiknya membuat semangat komunikan, yaitu gunakan warna-warna yang lembut seperti putih, kream, dll

3. Proksemik Waktu
Waktu menggambarkan sebuah peristiwa yang dapat memberikan makna tertentu, maksud dan tujuan tertentu. Bahasa waktu meliputi simbol:

a. Kebiasaan orang Jepang harus datang terlebih dahulu 10 menit sebelum acara dimulai.
b. Orang Indonesia? Tidak on time atau terlambat sudah menjadi kebiasaan.

Jika saudara belum jelas pada slide materi ini SILAHKAN TULIS DI DALAM KOLOM KOMENTAR.

Untuk melihat slide materi selanjutnya silakan KLIK POSTING LAMA PADA LAMAN KANAN BAWAH.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google+ Followers