Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Selasa, 06 Oktober 2015

9. TINGKAT PENCEGAHAN PENYAKIT



Setelah saudara memahami gambar di samping, apa yang saudara pahami mengenai 4 tingkatan dalam pencegahan penyakit menurut Level & Clark?

Silahkan saudara tulis pendapat saudara di dalam KOLOM KOMENTAR

Untuk mempelajari materi selanjutnya silahkan KLIK POSTING LAMA pada kanan bawah wall blog Saudara.

50 komentar:

  1. HEALT PROMOTION merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    SPECIFIC PROTECTION merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT adalah Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    DISABILITY LIMITATION ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sudah benar-benar sakit sehinga diharapkan penyakitnya tidak mengarah kepada kecacatan.

    REHABILITATION yaitu ditujukan pada kelompok masyarakat yang dalam masa pemulihan sehingga diharapkan agar benar-bernar pulih dari sakit menjadi beraktivitas lagi seperti biasanya.

    BalasHapus
  2. Mutia santika putri
    15410054P

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar mereka dapat mengenal gejala penyakit pada tingkat awal dan segera mencari pengobatan

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sehingga Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  3. Trika isnantyas
    15410073P

    1. Health promotion : upaya meningkatkan daya tahan tubuh individu, keluarga, kelompok dan masyarakat thd masalah kesehatan. Setiap individu berhak utk menentukan nasib sendiri, mendpt informasi yg cukup dan utk berperan disegala aspek pemeliharaan kesehatannya misalnya perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yg baik, pembuangan sampah, kotoran dan air limbah.

    2. Specific protection : upaya spesifik utk mencegah terjadinya penularan penyakit tertentu misalnya imunisasi, isolasi pasien dg penyakit flu burung.

    3. Early protection : mencegah penyebaran penyakit bila penyakit ini merupakan penyakit menular, utk mengobati dan menghentikan proses penyakit, menyembuhkan orang sakit dan mencegah terjadinya komplikasi dan cacat. Prinsip diterapkan dlm proses pencegahan, pemberantasan dan pembasmian macam penyakit baik menular/tidak dan memperhatikan tingkat kerawanan penyakit terhadap masyarakat yg tinggi.
    Prompt treatment : pengobatan yg dilakukan dg tepat dan segera utk menangani berbagai masalah yg terjadi, pengobatan segera dilakukan sbg penghalang agar gejala tdk menimbulkan komplikasi yg lebih parah.

    4. Disability limitation : cacat yg terjadi diatasi terutama utk mencegah penyakit menjadi berkelanjutan hingga mengakibatkan terjadinya cacat yg lebih buruk lagi. Lanjutan dari usaha pengobatan dan perawatan yg semprna agar penderita sembuh kembali dan tidak cacat. Bila sudah terjadi kecacatan maka dicegah agar kecacatan tsb tdk bertambah berat.

    5. Rehabilitation : agar cacat yg diderita tdk menjadi hambatan shg individu yg menderita dpt berfungsi optimal secara fisik, mental dan sosial sbg usaha utk mengembalikan bekas penderita kedlm masyarakat shg dpt berfungsi lagi sbg anggota masyarakat yg berguna utk dirinya dan masyarakat, semaksimalnya sesuai dgn kemampuannya.

    BalasHapus
  4. Nama ; Dinda Putri Pramezuri
    NPM : 15410030P

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  5. Amalia Amraini
    NPM 15410020P

    1.Health promotion
    Adalah salah satu upaya penting yang dilakukan tenaga kesehatan dengan berkolaborasi bersama masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sehat baik sehat fisik maupun mental.

    2. Specific protection
    Adalah upaya untuk mencegah terjadinya penularan penyakit, contohnya imunisasi

    3. Early diagnosis and prompt treatment
    Yaitu usaha deteksi dini tentang penyebaran penyakit di masyarakat, contohnya pemeriksaan iva dan pap smear.

    4. Disability limitation
    Yaitu tentang kurangnya pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit. Contohnya masyarakat yang tidak menuntaskan pengobatannya, sehingga mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat. Maka disini perluny pengetahuan dan pendidikan tentang kesehatan.

    5. Rehabilitation
    Yaitu usaha mengembalikan bekas penderita kedalam masyarakat, terutama penderita yang mengalami kecacatan.

    BalasHapus
  6. Zakiah Putri Lestari
    NPM 15410077P

    1. Promotion of health yaitu meningkatkan kesehatan seseorang,yaitu melalui asupan gizi seimbang,olahraga teratur,dan lain sebagainya agar orang tersebut tetap sehat,tidak terserang penyakit.
    2. Specific protection yaitu memberikan perlindungan khusus terhadap suatu penyakit.
    3. Early diagnosis and prompt treatment yaitu mengenal dan mengetahui jenis penyakit pada tingakt awal, serta mengadakan pengobatan yang tepat dan segera.
    4. Disibility limitation yaitu pembatasan kecacatan dan berusaha untuk menghilangkan gangguan kemampuan bekerja yang diakibatkan suatu penyakit.
    5. Rehabilitation yaitu usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  7. Dwi Restalia (15410031P)

    1. Promosi kesehatan (health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education, persiapan memasuki kehidupan pra nikah dan persiapan menopause.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus, pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di Negara-negara berkembang. Hal ini karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi sebagai perlindungan terhadap penyakit pada dirinya maupun anak-anaknya masih rendah. Selain itu pendidikan kesehatan diperlukan sebagai pencegahan terjadinya kecelakaan baik ditempat-tempat umum maupun tempat kerja.
    Penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV/AIDS, penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Bahkan kadang-kadang masyarakat sulit atau tidak mau diperiksa dan diobati penyakitnya. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat tidak memperoleh pelayanan kesehatn yang layak. Oleh sebab itu pendidikan kesehatan sangat diperlukan dalam tahap ini.
    Pemeriksaan pap smear, pemeriksaan IVA, sadari sebagai cara mendeteksi dini penyakit kanker. Bila dengan deteksi ini ditemui kelainan maka segera dilakukan pemeriksaan diagnostic untuk memastikan diagnosa seperti pemeriksaan biopsy, USG atau mamografi atau kolposcopy

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnya pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidakmampuan. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan juga diperlukan pada tahap ini. Penanganan secara tuntas pada kasus-kasus infeksi organ reproduksi menjegah terjadinya infertilitas.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan. Disamping itu orang yang cacat setelah sembuh dari penyakit, kadang-kadang malu untuk kembali ke masyarakat. Sering terjadi pula masyarakat tidak mau menerima mereka sebagai anggoota masyarakat yang normal. Oleh sebab itu jelas pendidikan kesehatan diperlukan bukan saja untuk orang yang cacat tersebut, tetapi juga perlu pendidikan kesehatan pada masyarakat.
    Pusat-pusat rehabilitasi bagi korban kekerasan, rehabilitasi PSK, dan korban narkoba.

    BalasHapus
  8. Nama : Wawan Setiawan
    NPM : 15410074P

    Tingkat pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dapat dilakukan berdasarkan lima tingkatan (five levels of prevention) dari Leavel and Clark, sebagai berikut :

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education, persiapan memasuki kehidupan pra nikah dan persiapan menopause.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus, pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di Negara-negara berkembang. Hal ini karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi sebagai perlindungan terhadap penyakit pada dirinya maupun anak-anaknya masih rendah. Selain itu pendidikan kesehatan diperlukan sebagai pencegahan terjadinya kecelakaan baik ditempat-tempat umum maupun tempat kerja.
    Penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV/AIDS, penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Pemeriksaan pap smear, pemeriksaan IVA, sadari sebagai cara mendeteksi dini penyakit kanker. Bila dengan deteksi ini ditemui kelainan maka segera dilakukan pemeriksaan diagnostic untuk memastikan diagnosa seperti pemeriksaan biopsy, USG atau mamografi atau kolposcopy

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan juga diperlukan pada tahap ini.
    Penanganan secara tuntas pada kasus-kasus infeksi organ reproduksi menjegah terjadinya infertilitas.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan. Disamping itu oorang yang cacat stelah sembuh dari penyakit, kadang-kadang malu untik kembali ke masyarakat. Sering terjadi pula masyarakat tidak mau menerima mereka sebagai anggoota masyarakat yang normal. Oleh sebab itu jelas pendidikan kesehatan diperlukan bukan saja untuk orang yang cacat tersebut, tetapi juga perlu pendidikan kesehatan pada masyarakat.
    Pusat-pusat rehabilitasi bagi korban kekerasan, rehabilitasi PSK, dan korban narkoba.

    BalasHapus
  9. Sela Eka Putri
    15410062P

    1. Peningkatan kesehatan (health promotion)
    Pada tingkat ini dilakukan tindakan umum untuk menjaga keseimbangan proses bibit penyakit-pejamu-lingkungan, sehingga dapat menguntungkan manusia dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki lingkungan. Tindakan ini dilakukan pada seseorang yang sehat.
    Contoh :
    • Penyediaan makanan sehat dan cukup (kualitas maupun kuantitas)
    • Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, misalnya penyediaan air bersih, pembuangan sampah, pembuangan tinja dan limbah.
    • Pendidikan kesehatan kepada masyarakat. Misalnya untuk kalangan menengah ke atas di negara berkembang terhadap resiko jantung koroner.
    • Olahraga secara teratur sesuai kemampuan individu.
    • Kesempatan memperoleh hiburan demi perkembangan mental dan sosial.

    2. Perlindungan umum dan khusus terhadap penyakit-penyakit tertentu (general and specific protection)
    Merupakan tindakan yang masih dimaksudkan untuk mencegah penyakit, menghentikan proses interaksi bibit penyakit-pejamu-lingkungan dalam tahap prepatogenesis, tetapi sudah terarah pada penyakit tertentu. Tindakan ini dilakukan pada seseorang yang sehat tetapi memiliki risiko terkena penyakit tertentu.
    Contoh :
    • Memberikan immunisasi pada golongan yang rentan untuk mencegah penyakit dengan adanya kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN )
    • Isolasi terhadap penderita penyakit menular, misalnya yang terkena flu burung ditempatkan di ruang isolasi.
    • Pencegahan terjadinya kecelakaan baik di tempat umum maupun tempat kerja dengan menggunakan alat perlindungan diri.


    3. Penegakkan diagnosa secara dini dan pengobatan yang cepat dan tepat (early diagnosis and prompt treatment)
    Merupakan tindakan menemukan penyakit sedini mungkin dan melakukan penatalaksanaan segera dengan terapi yang tepat.
    Contoh :
    • Pada ibu hamil yang sudah terdapat tanda – tanda anemia diberikan tablet Fe dan dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung zat besi
    • Mencari penderita dalam masyarakat dengan jalan pemeriksaan . Misalnya pemeriksaan darah, rontgent paru.

    4. Pembatasan kecacatan (dissability limitation)
    Merupakan tindakan penatalaksanaan terapi yang adekuat pada pasien dengan penyakit yang telah lanjut untuk mencegah penyakit menjadi lebih berat, menyembuhkan pasien, serta mengurangi kemungkinan terjadinya kecacatan yang akan timbul.
    Contoh :
    • Pengobatan dan perawatan yang sempurna agar penderita sembuh dan tak terjadi komplikasi, misalnya menggunakan tongkat untuk kaki yang cacat
    5. Pemulihan kesehatan (rehabilitation)
    Merupakan tindakan yang dimaksudkan untuk mengembalikan pasien ke masyarakat agar mereka dapat hidup dan bekerja secara wajar, atau agar tidak menjadi beban orang lain.
    Contoh :
    • Mengembangkan lembaga-lembaga rehabilitasi dengan mengikutsertakan masyarakat. Misalnya, lembaga untuk rehabilitasi mantan PSK, mantan pemakai NAPZA dan lain-lain.

    BalasHapus
  10. Wellza Kerinova
    15410075P

    1. Health promotion
    lebih ditujukan kpd masyarakat yang sehat agar mereka tetap sehat melalui penyuluhan dan sosialisasi.
    2. Specific protection
    Adalah tindakan pencegahan dan penanganan penyakit-penyakit khusus (tertentu) yang beresiko Misal melakukan IMUNISASI atau pemberian vaksinasi.
    3. Early diagnosis and prompt treatment
    Cepat dan tepat dalam menganalisis, mendiagnosa, dan dalam pengobatan suatu penyakit ditujukan pada kelompok masyarakat yang sedang dalam masa inkubasi, shg diharapkan penyakitnya tidak berlanjut enjadi lebih parah,
    4. Disability limitation
    ditujukan kepada masyarakat yang dalam masa pengobatan dan dalam keadaan sakit agar melanjutkan pengobatan secara tuntas sehingga tidak terjadi hal-hal yang diinginkan serta tidak mengarah kepada kecacatan dan tidak menjadi lebih parah
    5. Rehabilitation
    Disini ditujukan kepada masyarakat yang sedang sakit dan sedang dalam masa penyembuhan agar diberikan perawatan lanjutan sehingga dapat sembuh secara total dan dapat menjalankan aktivitas hariannya seperti semula.

    BalasHapus
  11. 1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education.
    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus.
    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Bahkan kadang-kadang masyarakat sulit atau tidak mau diperiksa dan diobati penyakitnya. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat tidak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak. Oleh sebab itu pendidikan kesehatan sangat diperlukan dalam tahap ini.
    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.
    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan.

    BalasHapus
  12. Ahmad Malikus Soleh
    NPM 15410019P

    1. Health promotion
    lebih ditujukan kpd masyarakat yang sehat agar mereka tetap sehat melalui penyuluhan dan sosialisasi.
    2. Specific protection
    Adalah tindakan pencegahan dan penanganan penyakit-penyakit khusus (tertentu) yang beresiko Misal melakukan imunisasi atau pemberian vaksinasi.
    3. Early diagnosis and prompt treatment yaitu mengenal dan mengetahui jenis penyakit pada tingakt awal, serta mengadakan pengobatan yang tepat dan segera.
    4. Disibility limitation yaitu pembatasan kecacatan dan berusaha untuk menghilangkan gangguan kemampuan bekerja yang diakibatkan suatu penyakit.
    5. Rehabilitation yaitu usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  13. Nama : Prayoga Yushananta
    NPM : 15410056P

    1. Health promotion yaitu dengan mengadakan penyuluhan kesehatan, maka kita
    bersama-sama dengan masyarakat dapat menjaga kesehatan diri sendiri,keluarga serta
    masyarakat yang ada.
    2. Specific protection yaitu dengan memberikan perlindungan khusus terhadap individu, kelompok
    dan masyarakat maka penyakittertentu dapat dicegah kejadiannya misalnya:
    - Memberikan imunisasi pada bayi.
    - Pemberian vaksin DT pada anak sekolah.
    - Pemberian masker pada masyarakat pada situasi kabut asap.
    3. Early diagnosis and prompt treatment yaitu suatuusaha untuk mengetahui serta mengatasi sedini
    mungkin masalah kesehatan yang ada / ditemukan baik pada individu, kelompok maupun
    masyarakat contoh : Ditemukannya salah satu anak SD yang menderita Frambusia hal ini
    langsung diobati serta dilakukan juga pelacakan dilingkungan tempat tinggal /tempat anak
    tersebut bersosialisasi untuk dilakukan penatalaksanaan selanjutnya.
    4. Disability limitation dan Rehabilitation yaitu suatu usaha untuk mencegah / mengurangi terjadinya
    kecacatan yang ditimbulkan oleh suatu penyakit / incidence serta melakukan pemulihan /
    fisioterapi kepada mereka yang menderita gangguan/kecacatan.

    BalasHapus
  14. 1.Health promotion
    Adalah salah satu upaya penting yang dilakukan tenaga kesehatan dengan berkolaborasi bersama masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sehat baik sehat fisik maupun mental.

    2. Specific protection
    Adalah upaya untuk mencegah terjadinya penularan penyakit, contohnya imunisasi

    3. Early diagnosis and prompt treatment
    Yaitu usaha deteksi dini tentang penyebaran penyakit di masyarakat, contohnya pemeriksaan iva dan pap smear.

    4. Disability limitation
    Yaitu tentang kurangnya pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit. Contohnya masyarakat yang tidak menuntaskan pengobatannya, sehingga mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat. Maka disini perluny pengetahuan dan pendidikan tentang kesehatan.

    5. Rehabilitation
    Yaitu usaha mengembalikan bekas penderita kedalam masyarakat, terutama penderita yang mengalami kecacatan.

    BalasHapus
  15. 1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar mereka dapat mengenal gejala penyakit pada tingkat awal dan segera mencari pengobatan

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sehingga Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  16. Anita Febrina

    1. Mempertinggi nilai kesehatan (health promotion), contohnya Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran dan air limbah dan sebagainya.
    2. Memberikan perlindungan khusus terhadap suatu penyakit ( spesific protection), seperti melalui imunisasi penyakit ttt, penerapan K3 ditempat kerja, dll
    3. Mengenal dan mengetahui jenis penyakit pada tingakt awal, serta mengadakan pengobatan yang tepat dan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    4. Pembatasan kecacatan dan berusaha untuk menghilangkan gangguan kemampuan bekerja yang diakibatkan suatu penyakit (disibility limitation)
    5. Rehabilitasi (rehabilitation) merupakan usaha untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat, sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat, semaksimalnya sesuai dengan kemampuannya.

    BalasHapus
  17. Nama : Kiki Karlina
    NPM : 15410041P

    1. HEALTH PROMOTION
    Saat pejamu sehat dengan tujuan meningkatkan status kesehatan atau memelihara kesehatan :
    # Penyuluhan/pendidikan kesehatan
    # Rekreasi sehat
    # Olahraga teratur
    # Perhatian terhadp perkembangan kepribadian

    2.SPECIFIC PROTECTION
    Mencegah pada pejamu (Host) dengan menaikkan daya tahan tubuh :
    # imunisasi
    # Pelindung khusus : Helm, tutup telinga
    # Perbaikan lingkungan
    # Mengurangi penggunaan bahan yang membahayakan kesehatan : pengawet, pewarna dll.

    3. EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT
    Dilakukan bila pejamu sakit, setidak – tidaknya diduga sakit (penyakitnya masih ringan)
    Mencegah orang lain tertular. Misal : Case finding, skrining survei penyakit asymtomatis, deteksi dini pencemaran dll

    4. DISABILITY LIMITATION (Pembatasan kecacatan / kelemahan )

    Dilakukan waktu pejamu sakit / sakit berat de ngan tujuan mencegah cacat lebih lanjut, fisik, sosial maupun mental. Misal : Amputasi pada ganggren karena DM, pada penyakit-penyakit menahun diatasi gang guan mental maupun sosialnya

    5. REHABILITATION

    Mengembalikan penderita agar berguna di masyarakat maupun bagi diri nya sendiri, mencegah cacat total setelah terjadi perubahan anatomi/fisiologi. Misal : Fisioterapi pada kelumpuhan supaya ti dak timbul kontraktur/atropi, psikoterapi pada gangguan mental, latihan ketrampilan tertentu pada penderita cacat, prothesa post amputasi, penyediaan fasilitas khusus pada penderita.

    BalasHapus
  18. rita ayu sari setiawan
    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education.
    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus.
    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Bahkan kadang-kadang masyarakat sulit atau tidak mau diperiksa dan diobati penyakitnya. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat tidak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak. Oleh sebab itu pendidikan kesehatan sangat diperlukan dalam tahap ini.
    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.
    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan.

    BalasHapus
  19. Nama :Ancha Pramudia Whardana
    NPM : 15410021P

    HEALT PROMOTION merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    SPECIFIC PROTECTION merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT adalah Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    DISABILITY LIMITATION ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sudah benar-benar sakit sehinga diharapkan penyakitnya tidak mengarah kepada kecacatan.

    REHABILITATION yaitu ditujukan pada kelompok masyarakat yang dalam masa pemulihan sehingga diharapkan agar benar-bernar pulih dari sakit menjadi beraktivitas lagi seperti biasanya.

    Balas

    BalasHapus
  20. Nama : Siti Nur Afenda
    NPM : 15410069P

    HEALT PROMOTION merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    SPECIFIC PROTECTION merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT adalah Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    DISABILITY LIMITATION ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sudah benar-benar sakit sehinga diharapkan penyakitnya tidak mengarah kepada kecacatan.

    REHABILITATION yaitu ditujukan pada kelompok masyarakat yang dalam masa pemulihan sehingga diharapkan agar benar-bernar pulih dari sakit menjadi beraktivitas lagi seperti biasanya.

    BalasHapus
  21. Nama : MUhammad Escha Adesha
    NPM : 15410051P

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar mereka dapat mengenal gejala penyakit pada tingkat awal dan segera mencari pengobatan

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sehingga Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  22. Nama : Lilik Subowo
    NPM : 15410043P

    1. HEALTH PROMOTION
    Usaha ini merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.
    Beberapa usaha di antaranya :
    a. Penyediaan makanan sehat cukup kualitas maupun kuantitasnya
    b. Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan : penyediaan air bersih, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran dan air limbah kpd masyarakat
    c. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat
    d. Usaha kesehatan jiwa agar tercapai perkembangan kepribadian yang baik.

    2. SPECIFIC PROTECTION
    Usaha ini merupakan tindakan terhadap pencegahan penyakit-penyakit tertentu.
    Beberapa usaha diantaranya :
    a. Vaksinasi untuk mencegah penyakit-penyakit tertentu
    b. Isolasi penderita penyakit menular
    c. Pencegahan terjadinya kecelakaan baik di tempat-tempat umum maupun di lingkungan kerja

    3. EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT
    Mengenal dan mengetahui penyakit pada tingkat awal serta mengadakan pengobatan yang tepat dan segera.
    Tujuan utama dari usaha ini adalah :
    a. Pengobatan yang setepat-tepatnya dan secepat-cepatnya dari setiap jenis penyakit shg terjadi penyembuhan yang sempurna dan segera
    b. Pencegahan penularan kepada orang lain bila penyakitnya menular
    c. Mencegah terjadinya kecacatan yg diakibatkan suatu penyakit

    4. DISABILITY LIMITATION
    Usaha ini merupakan kelanjutan dari usaha 3 (EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT) yaitu dengan pengobatan dan perawatan yang sempurna agar penderita sembuh kembali dan tidak cacat. Bila sudah terjadi kecacatan maka dicegah agar kecacatan tersebut tidak bertambah berat (dibatasi), dan fungsi dari alat tubuh ini dipertahankan semaksimal mungkin.

    5. REHABILITATION
    Merupakan usaha untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat, sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya sendiri dan masyarakat, semaksimal-maksimalnya sesuai dengan kemampuannya.
    Rehabilitasi terdiri dari :
    a. Rehabilitasi fisik
    b. Rehabilitasi mental
    c. Rehailitasi sosial vokasional
    d. Rehailitasi asthetis

    BalasHapus
  23. 1.HEALT PROMOTION merupakan usaha yang dilakukan dalam rangka pemberian informasi agar masyarakat paham tentang masalah kesehatan pada umumnya.dengan cara penyuluhan atau pelatihan tentang kesehatan

    2.SPECIFIC PROTECTION merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu.

    3.EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT adalah Diagnosa secara dini dan pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan pencegahan segera penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    4.DISABILITY LIMITATION ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sudah benar-benar sakit sehinga diharapkan penyakitnya tidak mengarah kepada kecacatan.

    5.REHABILITATION yaitu tindakan masa pemulihan yang tepat sehingga diharapkan agar benar-bernar pulih dari sakit dan tidak menimbulkan efek dikemudian hari dari penyakitnya seperti kecacatan dan lain-lain.

    BalasHapus
  24. Nama : Eniwati
    NPM : 15410033P
    1. Health promotion yaitu dengan mengadakan penyuluhan kesehatan, maka kita
    bersama-sama dengan masyarakat dapat menjaga kesehatan diri sendiri,keluarga serta
    masyarakat yang ada.
    2. Specific protection yaitu dengan memberikan perlindungan khusus terhadap individu, kelompok
    dan masyarakat maka penyakittertentu dapat dicegah kejadiannya misalnya:
    - Memberikan imunisasi dasar lengkap pada bayi.dan balita
    - Pemberian vaksin DT / TT pada anak sekolah.
    - Pemberian masker pada masyarakat pada situasi kabut asap.
    3. Early diagnosis and prompt treatment yaitu suatu usaha untuk mengetahui serta mengatasi sedini
    mungkin masalah kesehatan yang ada / ditemukan baik pada individu, kelompok maupun
    masyarakat
    4. Disability limitation yaitu suatu usaha untuk mencegah / mengurangi terjadinya
    kecacatan yang ditimbulkan oleh suatu penyakit
    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  25. Humairoh
    15410050P

    1. Health promotion adalah upaya perubahan/ perbaikan di bidang kesehatan disertai dengan upaya pengaruh lingkungan dan lain-lain, yang sangat berpengaruh dalam bidang kesehatan.
    2. (specific protection)Merupakan suatu tindakan pencegahan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap ancaman agen penyakit atau pembawa penyakit tertentu. Tujuan dari specific protection ini adalah sebagai perlindungan khusus terhadap ancaman seperti penyakit.
    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment) Tujuan utama dari tindakan ini adalah: a.Mencegah penyebaran penyakit bila penyakit ini merupakan penyakit menular b.Mengobati dan menghentikan proses penyakit c.Menyembuhkan orang sakit dan mencegah terjadinya komplikasi dan cacat.
    4. Membatasi kecacatan (disability limitation) Usaha ini merupakan lanjutan dari usah early diagnosis and promotif treatment yaitu dengan pengobatan dan perawatan yang sempurna agar penderita sembuh kembali dan tidak cacat ( tidak terjadi komplikasi ). Bila sudah terjadi kecacatan maka dicegah agar kecacatan tersebut tidak bertambah berat dan fungsi dari alat tubuh yang cacat ini dipertahankan semaksimal mungkin.
    5. Rehabilitation merupakan Pada proses ini diusahakan agar cacat yang di derita tidak menjadi hambatan sehingga individu yang menderita dapat berfungsi optimal secara fisik, mental dan sosial.

    BalasHapus
  26. 1. Promosi kesehatan (health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education, persiapan memasuki kehidupan pra nikah dan persiapan menopause.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus, pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di Negara-negara berkembang. Hal ini karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi sebagai perlindungan terhadap penyakit pada dirinya maupun anak-anaknya masih rendah. Selain itu pendidikan kesehatan diperlukan sebagai pencegahan terjadinya kecelakaan baik ditempat-tempat umum maupun tempat kerja.
    Penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV/AIDS, penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Bahkan kadang-kadang masyarakat sulit atau tidak mau diperiksa dan diobati penyakitnya. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat tidak memperoleh pelayanan kesehatn yang layak. Oleh sebab itu pendidikan kesehatan sangat diperlukan dalam tahap ini.
    Pemeriksaan pap smear, pemeriksaan IVA, sadari sebagai cara mendeteksi dini penyakit kanker. Bila dengan deteksi ini ditemui kelainan maka segera dilakukan pemeriksaan diagnostic untuk memastikan diagnosa seperti pemeriksaan biopsy, USG atau mamografi atau kolposcopy

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnya pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidakmampuan. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan juga diperlukan pada tahap ini. Penanganan secara tuntas pada kasus-kasus infeksi organ reproduksi menjegah terjadinya infertilitas.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan. Disamping itu orang yang cacat setelah sembuh dari penyakit, kadang-kadang malu untuk kembali ke masyarakat. Sering terjadi pula masyarakat tidak mau menerima mereka sebagai anggoota masyarakat yang normal. Oleh sebab itu jelas pendidikan kesehatan diperlukan bukan saja untuk orang yang cacat tersebut, tetapi juga perlu pendidikan kesehatan pada masyarakat.
    Pusat-pusat rehabilitasi bagi korban kekerasan, rehabilitasi PSK, dan korban narkoba

    BalasHapus
  27. 1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar mereka dapat mengenal gejala penyakit pada tingkat awal dan segera mencari pengobatan

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sehingga Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  28. Nama : Dwi Astuti
    Npm : Belum ada

    1. Health promotion adalah upaya perubahan/ perbaikan di bidang kesehatan disertai dengan upaya pengaruh lingkungan dan lain-lain, yang sangat berpengaruh dalam bidang kesehatan.
    2. (specific protection)Merupakan suatu tindakan pencegahan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap ancaman agen penyakit atau pembawa penyakit tertentu. Tujuan dari specific protection ini adalah sebagai perlindungan khusus terhadap ancaman seperti penyakit.
    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment) Tujuan utama dari tindakan ini adalah: a.Mencegah penyebaran penyakit bila penyakit ini merupakan penyakit menular b.Mengobati dan menghentikan proses penyakit c.Menyembuhkan orang sakit dan mencegah terjadinya komplikasi dan cacat.
    4. Membatasi kecacatan (disability limitation) Usaha ini merupakan lanjutan dari usah early diagnosis and promotif treatment yaitu dengan pengobatan dan perawatan yang sempurna agar penderita sembuh kembali dan tidak cacat ( tidak terjadi komplikasi ). Bila sudah terjadi kecacatan maka dicegah agar kecacatan tersebut tidak bertambah berat dan fungsi dari alat tubuh yang cacat ini dipertahankan semaksimal mungkin.
    5. Rehabilitation merupakan Pada proses ini diusahakan agar cacat yang di derita tidak menjadi hambatan sehingga individu yang menderita dapat berfungsi optimal secara fisik, mental dan sosial.

    BalasHapus
  29. siti walidatu soleha
    belum ada

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar mereka dapat mengenal gejala penyakit pada tingkat awal dan segera mencari pengobatan

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sehingga Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit

    BalasHapus
  30. nama : siti halimah
    npm belum ada

    1. HEALTH PROMOTION
    Usaha ini merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.
    Beberapa usaha di antaranya :
    a. Penyediaan makanan sehat cukup kualitas maupun kuantitasnya
    b. Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan : penyediaan air bersih, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran dan air limbah kpd masyarakat
    c. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat
    d. Usaha kesehatan jiwa agar tercapai perkembangan kepribadian yang baik.

    2. SPECIFIC PROTECTION
    Usaha ini merupakan tindakan terhadap pencegahan penyakit-penyakit tertentu.
    Beberapa usaha diantaranya :
    a. Vaksinasi untuk mencegah penyakit-penyakit tertentu
    b. Isolasi penderita penyakit menular
    c. Pencegahan terjadinya kecelakaan baik di tempat-tempat umum maupun di lingkungan kerja

    3. EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT
    Mengenal dan mengetahui penyakit pada tingkat awal serta mengadakan pengobatan yang tepat dan segera.
    Tujuan utama dari usaha ini adalah :
    a. Pengobatan yang setepat-tepatnya dan secepat-cepatnya dari setiap jenis penyakit shg terjadi penyembuhan yang sempurna dan segera
    b. Pencegahan penularan kepada orang lain bila penyakitnya menular
    c. Mencegah terjadinya kecacatan yg diakibatkan suatu penyakit

    4. DISABILITY LIMITATION
    Usaha ini merupakan kelanjutan dari usaha 3 (EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT) yaitu dengan pengobatan dan perawatan yang sempurna agar penderita sembuh kembali dan tidak cacat. Bila sudah terjadi kecacatan maka dicegah agar kecacatan tersebut tidak bertambah berat (dibatasi), dan fungsi dari alat tubuh ini dipertahankan semaksimal mungkin.

    5. REHABILITATION
    Merupakan usaha untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat, sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya sendiri dan masyarakat, semaksimal-maksimalnya sesuai dengan kemampuannya.
    Rehabilitasi terdiri dari :
    a. Rehabilitasi fisik
    b. Rehabilitasi mental
    c. Rehailitasi sosial vokasional
    d. Rehailitasi asthetis

    BalasHapus
  31. HEALT PROMOTION merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    SPECIFIC PROTECTION merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT adalah Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    DISABILITY LIMITATION ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sudah benar-benar sakit sehinga diharapkan penyakitnya tidak mengarah kepada kecacatan.

    REHABILITATION yaitu ditujukan pada kelompok masyarakat yang dalam masa pemulihan sehingga diharapkan agar benar-bernar pulih dari sakit menjadi beraktivitas lagi seperti biasanya.

    BalasHapus
  32. Siska Aulia Sari (15410068P)

    1. Promosi Kesehatan (Health Promotion)
    Level awal dalam pencegahan penyakit adalah dengan melakukan promosi kesehatan melalui forum masyarakat, pendidikan kesehatan, maupun melalui media elektronik dan media cetak. Promosi kesehatan memberikan pengetahuan kepada masyarakat sehingga masyarakat mampu mengubah perilakunya dan lingkungannya menjadi sehat. Pendidikan yang dapat diberikan diantaranya perilaku hidup bersih, keluarga sadar gizi, pencegahan penyakit menular dan tidak menular, penyehatan lingkungan seperti pembuangan sampah dan limbah pabrik, penggunaan obat yang aman, UKS, dan lain-lain

    2. Perlindungan Khusus (spesific protection)
    Perlindungan khusus diantaranya adalah pemberian imunisasi lengkap seperti Hb, DPT, polio, BCG, campak, penggunaan sarung tangan ketika melakukan pemeriksaan atau imunisasi maupun melakukan pertolongan kesehatan seperti persalinan, perawatan luka.

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Melalui diagnosis dini dan pegobatan segera diharapkan tidak terjadi penyakit yang lebih berat atau parah. Selain itu dengan diagnosis dini dan pengobatan segera diharapkan penyakit terdeteksi lebih awal dan dapat disembuhkan. Hal-hal yang dapat dilakukan misalnya pemeriksaan darah lengkap untuk mendeteksi penyakit hepatitis, diabetes, darah tinggi, pemeriksaan pap smear untuk mendeteksi penyakit organ reproduksi, pemeriksaan IVA, melakukan SADARI untuk mendeteksi benjolan pada payudara, dan lain-lain.

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Pembatasan cacat dapat diatasi dengan melakukan pengobatan secara tuntas agar akibat penyakit yang diderita tidak bertambah berat. Misalnya pengobatan TB paru, jika tidak tuntas maka penderita harus mengulang terapi pengobatan dari awal. Sehingga hal ini dapat memperpanjang waktu pengobatan. Selanjutnya pengobatan kusta, jika tidak tuntas dapat menyebabkan kecacatan fisik.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Rehabilitasi dimaksudkan untuk menerima terapi baik fisik maupun mental. Misalnya terapi wicara, terapi jalan, terapi pada wanita korban kekerasan, terapi pecandu narkoba, terapi tulang belakang.

    BalasHapus
  33. Menurut saya pencegahan penyakit menurut Level & Clark pertama melalui promosi kesehatan yaitu saat seseorang sehat dengan tujuan untuk memelira kesehatannya. Selanjutnya dilakukan Specific Protection yaitu pencegahan dgn cara meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.
    Apabila seseorang sudah terdiagnosa sakit pencegahan dilakukan dgn memberikan early diagnosis & prompt treatment yaitu mencegah org lain untuk tertular sakit.
    Ketika seseorang sakit berat dilakukan pencegahan secara disability limitation dgn tujuan mencegah cacat parah.
    Terakhir rehabilitation yaitu pemulihan atau mengembalikan penderita yg sudah sehat agar berguna bagi masyarakat dan diri sendiri

    BalasHapus
  34. retno rahayu
    1. Health promotion
    lebih ditujukan kpd masyarakat yang sehat agar mereka tetap sehat melalui penyuluhan dan sosialisasi.
    2. Specific protection
    Adalah tindakan pencegahan dan penanganan penyakit-penyakit khusus (tertentu) yang beresiko Misal melakukan imunisasi atau pemberian vaksinasi.
    3. Early diagnosis and prompt treatment yaitu mengenal dan mengetahui jenis penyakit pada tingakt awal, serta mengadakan pengobatan yang tepat dan segera.
    4. Disibility limitation yaitu pembatasan kecacatan dan berusaha untuk menghilangkan gangguan kemampuan bekerja yang diakibatkan suatu penyakit.
    5. Rehabilitation yaitu usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  35. marcilia oktarini (15410045P)

    1.Promosi kesehatan ( health promotion)
    pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  36. 1.Health promotion
    Adalah salah satu upaya penting yang dilakukan tenaga kesehatan dengan berkolaborasi bersama masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sehat baik sehat fisik maupun mental.

    2. Specific protection
    Adalah tindakan pencegahan dan penanganan penyakit-penyakit khusus (tertentu) yang beresiko Misal melakukan imunisasi atau pemberian vaksinasi.

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Melalui diagnosis dini dan pegobatan segera diharapkan tidak terjadi penyakit yang lebih berat atau parah. Selain itu dengan diagnosis dini dan pengobatan segera diharapkan penyakit terdeteksi lebih awal dan dapat disembuhkan.

    4. Disability limitation
    Usaha ini merupakan kelanjutan dari usaha 3 (EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT) yaitu dengan pengobatan dan perawatan yang sempurna agar penderita sembuh kembali dan tidak cacat. Bila sudah terjadi kecacatan maka dicegah agar kecacatan tersebut tidak bertambah berat (dibatasi), dan fungsi dari alat tubuh ini dipertahankan semaksimal mungkin.

    5. Rehabilitation
    Merupakan usaha untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat, sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya sendiri dan masyarakat, semaksimal-maksimalnya sesuai dengan kemampuannya.

    BalasHapus
  37. Nama : nawang shandy
    Npm : 15410055P

    1.health promotion adalah memberikan pengetahuan mengenai kesehatan kepada masyarakat agar masyarakat bisa menerapkan hidup beraih dan sehat sehingga bisa terhindar dari penyakit.

    2. Spesific protection adalah pencegahan atau perlindungan yang dilakukan terhadap penyakit tertentu, misal melakikan 3m dirumah agar bebas dr jentik nyamuk penyebab dbd.

    3. Early diagnosis and prompt treatment adalah pengobatan yang dilakukan secara cepat dan tepat, dan melakukan periksaan rutin agar secara dini penyakit dapat diketahui.

    4. Disability limitation adalah pengobatan dan pencegahan agar tidak timbul komplikasi penyakit dan kecacatan.

    5. Rehabitation adalah mengembalikan kondisi pasien semaksimal mungkin seperti kondisi sebelum sakit.

    BalasHapus
  38. Sigit Wahyono

    1.Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar mereka dapat mengenal gejala penyakit pada tingkat awal dan segera mencari pengobatan

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sehingga Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  39. Nama : ARVI ARMANDO
    NPM : 15410025P

    HEALT PROMOTION merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    SPECIFIC PROTECTION merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT adalah Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    DISABILITY LIMITATION ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sudah benar-benar sakit sehinga diharapkan penyakitnya tidak mengarah kepada kecacatan.

    REHABILITATION yaitu ditujukan pada kelompok masyarakat yang dalam masa pemulihan sehingga diharapkan agar benar-bernar pulih dari sakit menjadi beraktivitas lagi seperti biasanya.

    BalasHapus
  40. Lailatul Hikmah

    Tingkat pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dapat dilakukan berdasarkan lima tingkatan (five levels of prevention) dari Leavel and Clark, sebagai berikut :

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education, persiapan memasuki kehidupan pra nikah dan persiapan menopause.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus, pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di Negara-negara berkembang. Hal ini karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi sebagai perlindungan terhadap penyakit pada dirinya maupun anak-anaknya masih rendah. Selain itu pendidikan kesehatan diperlukan sebagai pencegahan terjadinya kecelakaan baik ditempat-tempat umum maupun tempat kerja.
    Penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV/AIDS, penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Pemeriksaan pap smear, pemeriksaan IVA, sadari sebagai cara mendeteksi dini penyakit kanker. Bila dengan deteksi ini ditemui kelainan maka segera dilakukan pemeriksaan diagnostic untuk memastikan diagnosa seperti pemeriksaan biopsy, USG atau mamografi atau kolposcopy

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan juga diperlukan pada tahap ini.
    Penanganan secara tuntas pada kasus-kasus infeksi organ reproduksi menjegah terjadinya infertilitas.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan. Disamping itu oorang yang cacat stelah sembuh dari penyakit, kadang-kadang malu untik kembali ke masyarakat. Sering terjadi pula masyarakat tidak mau menerima mereka sebagai anggoota masyarakat yang normal. Oleh sebab itu jelas pendidikan kesehatan diperlukan bukan saja untuk orang yang cacat tersebut, tetapi juga perlu pendidikan kesehatan pada masyarakat.
    Pusat-pusat rehabilitasi bagi korban kekerasan, rehabilitasi PSK, dan korban narkoba.

    BalasHapus
  41. 1.Health promotion
    Adalah salah satu upaya penting yang dilakukan tenaga kesehatan dengan berkolaborasi bersama masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sehat baik sehat fisik maupun mental.

    2. Specific protection
    Adalah upaya untuk mencegah terjadinya penularan penyakit, contohnya imunisasi

    3. Early diagnosis and prompt treatment
    Yaitu usaha deteksi dini tentang penyebaran penyakit di masyarakat, contohnya pemeriksaan iva dan pap smear.

    4. Disability limitation
    Yaitu tentang kurangnya pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit. Contohnya masyarakat yang tidak menuntaskan pengobatannya, sehingga mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat. Maka disini perluny pengetahuan dan pendidikan tentang kesehatan.

    5. Rehabilitation
    Yaitu usaha mengembalikan bekas penderita kedalam masyarakat, terutama penderita yang mengalami kecacatan.

    BalasHapus
  42. Nama : Uyung Nurrohman
    NPM : 15410087P

    1. Peningkatan kesehatan (health promotion)
    Pada tingkat ini dilakukan tindakan umum untuk menjaga keseimbangan proses bibit penyakit-pejamu-lingkungan, sehingga dapat menguntungkan manusia dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki lingkungan. Tindakan ini dilakukan pada seseorang yang sehat.
    Contoh :
    • Penyediaan makanan sehat dan cukup (kualitas maupun kuantitas)
    • Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, misalnya penyediaan air bersih, pembuangan sampah, pembuangan tinja dan limbah.
    • Pendidikan kesehatan kepada masyarakat. Misalnya untuk kalangan menengah ke atas di negara berkembang terhadap resiko jantung koroner.
    • Olahraga secara teratur sesuai kemampuan individu.
    • Kesempatan memperoleh hiburan demi perkembangan mental dan sosial.

    2. Perlindungan umum dan khusus terhadap penyakit-penyakit tertentu (general and specific protection)
    Merupakan tindakan yang masih dimaksudkan untuk mencegah penyakit, menghentikan proses interaksi bibit penyakit-pejamu-lingkungan dalam tahap prepatogenesis, tetapi sudah terarah pada penyakit tertentu. Tindakan ini dilakukan pada seseorang yang sehat tetapi memiliki risiko terkena penyakit tertentu.
    Contoh :
    • Memberikan immunisasi pada golongan yang rentan untuk mencegah penyakit dengan adanya kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN )
    • Isolasi terhadap penderita penyakit menular, misalnya yang terkena flu burung ditempatkan di ruang isolasi.
    • Pencegahan terjadinya kecelakaan baik di tempat umum maupun tempat kerja dengan menggunakan alat perlindungan diri.


    3. Penegakkan diagnosa secara dini dan pengobatan yang cepat dan tepat (early diagnosis and prompt treatment)
    Merupakan tindakan menemukan penyakit sedini mungkin dan melakukan penatalaksanaan segera dengan terapi yang tepat.
    Contoh :
    • Pada ibu hamil yang sudah terdapat tanda – tanda anemia diberikan tablet Fe dan dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung zat besi
    • Mencari penderita dalam masyarakat dengan jalan pemeriksaan . Misalnya pemeriksaan darah, rontgent paru.

    4. Pembatasan kecacatan (dissability limitation)
    Merupakan tindakan penatalaksanaan terapi yang adekuat pada pasien dengan penyakit yang telah lanjut untuk mencegah penyakit menjadi lebih berat, menyembuhkan pasien, serta mengurangi kemungkinan terjadinya kecacatan yang akan timbul.
    Contoh :
    • Pengobatan dan perawatan yang sempurna agar penderita sembuh dan tak terjadi komplikasi, misalnya menggunakan tongkat untuk kaki yang cacat
    5. Pemulihan kesehatan (rehabilitation)
    Merupakan tindakan yang dimaksudkan untuk mengembalikan pasien ke masyarakat agar mereka dapat hidup dan bekerja secara wajar, atau agar tidak menjadi beban orang lain.
    Contoh :
    • Mengembangkan lembaga-lembaga rehabilitasi dengan mengikutsertakan masyarakat. Misalnya, lembaga untuk rehabilitasi mantan PSK, mantan pemakai NAPZA dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  43. Nama : Sintya Pramita
    NPM :15410067P

    1.HEALT PROMOTION merupakan usaha yang dilakukan dalam rangka pemberian informasi agar masyarakat paham tentang masalah kesehatan pada umumnya.dengan cara penyuluhan atau pelatihan tentang kesehatan

    2.SPECIFIC PROTECTION merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu.

    3.EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT adalah Diagnosa secara dini dan pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan pencegahan segera penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    4.DISABILITY LIMITATION ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sudah benar-benar sakit sehinga diharapkan penyakitnya tidak mengarah kepada kecacatan.

    5.REHABILITATION yaitu tindakan masa pemulihan yang tepat sehingga diharapkan agar benar-bernar pulih dari sakit dan tidak menimbulkan efek dikemudian hari dari penyakitnya seperti kecacatan dan lain-lain

    BalasHapus
  44. Muhamad Roni
    15410052P
    hadir
    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.
    Balas

    BalasHapus
  45. Nama : Iweni Swari Agustin
    NPM : 15410046P
    Hadir...

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan, Isolasi penderitaan penyakit menular .

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar mereka dapat mengenal gejala penyakit pada tingkat awal dan segera mencari pengobatan

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sehingga Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    usaha pengobatan dalam mengembalikan kondisi si penderita semaksimal mungkin setelah sakit.

    BalasHapus
  46. mirza zainunnisa
    15410048p
    hadir

    1. Health promotion : upaya meningkatkan daya tahan tubuh individu, keluarga, kelompok dan masyarakat thd masalah kesehatan. Setiap individu berhak utk menentukan nasib sendiri, mendpt informasi yg cukup dan utk berperan disegala aspek pemeliharaan kesehatannya misalnya perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yg baik, pembuangan sampah, kotoran dan air limbah.

    2. Specific protection : upaya spesifik utk mencegah terjadinya penularan penyakit tertentu misalnya imunisasi, isolasi pasien dg penyakit flu burung.

    3. Early protection : mencegah penyebaran penyakit bila penyakit ini merupakan penyakit menular, utk mengobati dan menghentikan proses penyakit, menyembuhkan orang sakit dan mencegah terjadinya komplikasi dan cacat. Prinsip diterapkan dlm proses pencegahan, pemberantasan dan pembasmian macam penyakit baik menular/tidak dan memperhatikan tingkat kerawanan penyakit terhadap masyarakat yg tinggi.
    Prompt treatment : pengobatan yg dilakukan dg tepat dan segera utk menangani berbagai masalah yg terjadi, pengobatan segera dilakukan sbg penghalang agar gejala tdk menimbulkan komplikasi yg lebih parah.

    4. Disability limitation : cacat yg terjadi diatasi terutama utk mencegah penyakit menjadi berkelanjutan hingga mengakibatkan terjadinya cacat yg lebih buruk lagi. Lanjutan dari usaha pengobatan dan perawatan yg semprna agar penderita sembuh kembali dan tidak cacat. Bila sudah terjadi kecacatan maka dicegah agar kecacatan tsb tdk bertambah berat.

    5. Rehabilitation : agar cacat yg diderita tdk menjadi hambatan shg individu yg menderita dpt berfungsi optimal secara fisik, mental dan sosial sbg usaha utk mengembalikan bekas penderita kedlm masyarakat shg dpt berfungsi lagi sbg anggota masyarakat yg berguna utk dirinya dan masyarakat, semaksimalnya sesuai dgn kemampuannya.

    BalasHapus
  47. Nama : Robby Dewan Tanjung
    NPM : 15410061P
    Hadir

    1. Promosi kesehatan (health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education, persiapan memasuki kehidupan pra nikah dan persiapan menopause.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus, pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di Negara-negara berkembang. Hal ini karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi sebagai perlindungan terhadap penyakit pada dirinya maupun anak-anaknya masih rendah. Selain itu pendidikan kesehatan diperlukan sebagai pencegahan terjadinya kecelakaan baik ditempat-tempat umum maupun tempat kerja.
    Penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV/AIDS, penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Bahkan kadang-kadang masyarakat sulit atau tidak mau diperiksa dan diobati penyakitnya. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat tidak memperoleh pelayanan kesehatn yang layak. Oleh sebab itu pendidikan kesehatan sangat diperlukan dalam tahap ini.
    Pemeriksaan pap smear, pemeriksaan IVA, sadari sebagai cara mendeteksi dini penyakit kanker. Bila dengan deteksi ini ditemui kelainan maka segera dilakukan pemeriksaan diagnostic untuk memastikan diagnosa seperti pemeriksaan biopsy, USG atau mamografi atau kolposcopy

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnya pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidakmampuan. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan juga diperlukan pada tahap ini. Penanganan secara tuntas pada kasus-kasus infeksi organ reproduksi menjegah terjadinya infertilitas.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan. Disamping itu orang yang cacat setelah sembuh dari penyakit, kadang-kadang malu untuk kembali ke masyarakat. Sering terjadi pula masyarakat tidak mau menerima mereka sebagai anggoota masyarakat yang normal. Oleh sebab itu jelas pendidikan kesehatan diperlukan bukan saja untuk orang yang cacat tersebut, tetapi juga perlu pendidikan kesehatan pada masyarakat.
    Pusat-pusat rehabilitasi bagi korban kekerasan, rehabilitasi PSK, dan korban narkoba.

    BalasHapus
  48. Nama : Riski Aryanti
    NPM : 15410059P
    Hadir

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education, persiapan memasuki kehidupan pra nikah dan persiapan menopause.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus, pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di Negara-negara berkembang. Hal ini karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi sebagai perlindungan terhadap penyakit pada dirinya maupun anak-anaknya masih rendah. Selain itu pendidikan kesehatan diperlukan sebagai pencegahan terjadinya kecelakaan baik ditempat-tempat umum maupun tempat kerja.
    Penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV/AIDS, penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Bahkan kadang-kadang masyarakat sulit atau tidak mau diperiksa dan diobati penyakitnya. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat tidak memperoleh pelayanan kesehatn yang layak. Oleh sebab itu pendidikan kesehatan sangat diperlukan dalam tahap ini.
    Pemeriksaan pap smear, pemeriksaan IVA, sadari sebagai cara mendeteksi dini penyakit kanker. Bila dengan deteksi ini ditemui kelainan maka segera dilakukan pemeriksaan diagnostic untuk memastikan diagnosa seperti pemeriksaan biopsy, USG atau mamografi atau kolposcopy

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan juga diperlukan pada tahap ini.
    Penanganan secara tuntas pada kasus-kasus infeksi organ reproduksi menjegah terjadinya infertilitas.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan. Disamping itu oorang yang cacat stelah sembuh dari penyakit, kadang-kadang malu untik kembali ke masyarakat. Sering terjadi pula masyarakat tidak mau menerima mereka sebagai anggoota masyarakat yang normal. Oleh sebab itu jelas pendidikan kesehatan diperlukan bukan saja untuk orang yang cacat tersebut, tetapi juga perlu pendidikan kesehatan pada masyarakat.
    Pusat-pusat rehabilitasi bagi korban kekerasan, rehabilitasi PSK, dan korban narkoba.

    BalasHapus
  49. Nama : Henny Puspa
    NPM : 15410038P

    1. Promosi kesehatan ( health promotion)
    Dalam tingkat ini dilakukan pendidikan kesehatan, misalnya dalam peningkatan gizi, kebiasaan hidup, perbaikan sanitasi lingkungan seperti penyediaan air rumah tangga yang baik, perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran, air limbah, hygiene perorangan, rekreasi, sex education, persiapan memasuki kehidupan pra nikah dan persiapan menopause.
    Usaha ini merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.
    Beberapa usaha di antaranya :
    - Penyediaan makanan sehat cukup kwalitas maupun kwantitasnya.
    - Perbaikan hygien dan sanitasi lingkungan,seperti : penyediaan air rumah tangga yang baik,perbaikan cara pembuangan sampah, kotoran dan air limbah dan sebagainya.
    - Pendidikan kesehatan kepada masyarakat
    - Usaha kesehatan jiwa agar tercapai perkembangan kepribadian yang baik.

    2. Perlindungan khusus (specific protection)
    Program imunisasi sebagai bentuk pelayanan perlindungan khusus, pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di Negara-negara berkembang. Hal ini karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi sebagai perlindungan terhadap penyakit pada dirinya maupun anak-anaknya masih rendah. Penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV/AIDS, penggunaan sarung tangan dan masker saat bekerja sebagai tenaga kesehatan
    Beberapa usaha lain di antaranya :
    - Vaksinasi untuk mencegah penyakit-penyakit tertentu.
    - Isolasi penderitaan penyakit menular .
    - Pencegahan terjadinya kecelakaan baik di tempat-tempat umum maupun di tempat kerja.

    3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment)
    Karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat. Bahkan kadang-kadang masyarakat sulit atau tidak mau diperiksa dan diobati penyakitnya. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat tidak memperoleh pelayanan kesehatn yang layak. Oleh sebab itu pendidikan kesehatan sangat diperlukan dalam tahap ini.
    Pemeriksaan pap smear, pemeriksaan IVA, sadari sebagai cara mendeteksi dini penyakit kanker. Bila dengan deteksi ini ditemui kelainan maka segera dilakukan pemeriksaan diagnostic untuk memastikan diagnosa seperti pemeriksaan biopsy, USG atau mamografi atau kolposcopy
    Tujuan utama dari usaha ini adalah :
    * Pengobatan yang setepat-tepatnya dan secepat-cepatnya dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera.
    * Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.
    * Mencegah terjadinya kecacatan yang diakibatkan sesuatu penyakit.

    4. Pembatasan cacat (disability limitation)
    Oleh karena kurangnyaa pengertian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan penyakit, maka sering masyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas. Dengan kata lain mereka tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang komplit terhadap penyakitnya. Pengobatan yang tidak layak dan sempurna dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan cacat atau ketidak mampuan. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan juga diperlukan pada tahap ini.

    5. Rehabilitasi (rehabilitation)
    Setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, kadang-kadang orang menjadi cacat, untuk memeulihkan cacatnya tersebut kadang-kadang diperlukan latihan tertentu. Oleh karena kurangnya pengetian dan kesadaran orang tersebut, ia tidak akan segan melakukan latihan-latihan yang dianjurkan. Disamping itu oorang yang cacat stelah sembuh dari penyakit, kadang-kadang malu untik kembali ke masyarakat. Sering terjadi pula masyarakat tidak mau menerima mereka sebagai anggoota masyarakat yang normal. Oleh sebab itu jelas pendidikan kesehatan diperlukan bukan saja untuk orang yang cacat tersebut, tetapi juga perlu pendidikan kesehatan pada masyarakat.



    BalasHapus
  50. Nama : Siti Nurafenda
    NPM : 15410069P
    Hadir

    HEALT PROMOTION merupakan pelayanan terhadap pemeliharaan kesehatan pada umumnya.contohnya:Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, seperti : penyediaan air bersih rumah tangga, pembuangan sampah dan kotoran yang benar dan perbaikan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah ) dsbnya, Pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

    SPECIFIC PROTECTION merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu. seperti :Vaksinasi untuk pencegahan penyakit-penyakit tertentu,Isolasi penderita penyakit menular

    EARLY DIAGNOSIS AND PROMPT TREATMENT adalah Pengobatan yang tepat dan cepat dari setiap jenis penyakit sehingga tercapai penyembuhan yang sempurna dan segera,Pencegahan penularan kepada orang lain, bila penyakitnya menular.

    DISABILITY LIMITATION ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sudah benar-benar sakit sehinga diharapkan penyakitnya tidak mengarah kepada kecacatan.

    REHABILITATION yaitu ditujukan pada kelompok masyarakat yang dalam masa pemulihan sehingga diharapkan agar benar-bernar pulih dari sakit menjadi beraktivitas lagi seperti biasanya.

    BalasHapus

Google+ Followers