Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Rabu, 05 Oktober 2016

11. Strategi Promosi Kesehatan

Advokasi:
Kegiatan untuk meyakinkan orang lain agar orang lain tersebut membantu/mendukung terhadap apa yang diinginkan.
Advokasi (konteks):
Pendekatan kepada para pembuat keputusan atau penentu kebijakan diberbagai sektor, tingkat sehingga para pejabat mau mendukung program kesehatan yang diinginkan.
Bentuk dukungan Kebijakan: UU, PP, SK, Surat Intruksi . Bentuk kegiatan formal: presentasi, seminar, usulan     program. Bentuk kegiatan informal: lobying, sowan .

Social Support/bina suasana:
Kegiatan untuk mencari dukungan sosial melalui tokoh-tokoh masyarakat (formal/non formal) à sebagai jembatan antara sektor kesehatan (sebagai pelaksana program) dengan masyarakat (penerima program)
Bentuk kegiatan pelatihan paratoma, lokakarya, bimbingan toma 

Pemberdayaan Masyarakat:
Upaya mewujudkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri.
Bentuk kegiatan penyuluhan, pengorganisasian masyarakat (koperasi, income generating skill), polindes, pos obat desa.
Bagaimana melakukan promosi kesehatan berdasarkan aspek pelayanan kesehatan. 

Image result for promosi kesehatan berdasarkan tatanan

Jika ada yang bertanya, silahkan tulis di dalam KOLOM KOMENTAR. Untuk melihat materi selanjutnya silahkan KLIK POSTING LAMA pada kanan bawah blog saudara.

16 komentar:

  1. Mohon penjelasannya bu..
    Upaya bagaimana yg dapat dilakukan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hidup, sehat, karena didalam kenyataannya masih kurangnya atau tersentuhnya PHBS pada lingkungan menegah kebawah bahkan pada daaerah2 yang jauh dari fasilitas kesehatan? terima kasih infonya bu

    BalasHapus
  2. Bagaimana mengubah pola pikir dan perilaku tenaga kesehatan yang masih memiliki pola pikir atau perilaku yang tidak mencerminka seorang tenaga kesehatan?

    BalasHapus
  3. Nama : Eka Surabina Tarigan
    Apakah dalam penerapan strategi promosi kesehatan di setiap daerah memiliki konsep yang sama? Karena pada dasarnya setiap daerah memiliki karateristik tersendiri termasuk salah satunya budaya dan toma..mohon penjelasan bu?

    BalasHapus
  4. Mohon penjelasan bu,
    dalam hal, Sosial Support, misal PP tentang Kawasan Tanpa Rokok sudah ada dan terpasang di Tempat Tempat Umum akan tetapi samapai sekarang kesannya masih kurang greget, bahkan kita jumpai di Kantor Pelayanan Publik banyak pegawai/karyawannya merokok di depan umum. Seperti apa solusi untuk mendapatkan dukungan langsung dari masyarakat tentang program ini, terima kasih

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara yang paling efektif atau Solusi untuk warga atau masyarakat yang masih menggunakan WC cemplung dg alasan keterbatasan biaya?

    BalasHapus
  6. Maav bu.. Bagaiamana cara pengadvokasian yang baik untuk lebih memunculkan program promkes di lintas sektor agar lintas sektor mau dan bisa melakukan kegiatan pemberian informasi tentang kesehatan ke setiap lini diwilayah kerja tersebut.

    BalasHapus
  7. Rini afrita
    Npm.16410054
    Apakah strategi promkes di atas saling berkesinambungan, bagaimana kalau dengan salah satu strategi apakah promosi kesehatan tetap bisa kita laksanakan dan mencapai hasil yang signifikan atau mampu merubah perilaku??

    BalasHapus
  8. Bagaimana cara meyakinkan masyarakat agar mau menerapkan pola hidup sehat, karena sebenarnya mereka memahami sebab dan akibatnya jika melanggarnya, seperti contoh tetangga yang masih suka bakar sampah, padahal sangat menggangu lingkungan terutama polusi udara?

    BalasHapus
  9. Laela Fitrianih
    NPM : 16410044P

    di wilayah kerja kami terdapat pasar rakyat, dimana sulit pembinaan disana, warga sekitar pasar dan pihak kelurahan tidak mau membantu dalam hal pembinaan pasar sehat, sedangkan pemerintah berkeinginan untuk menjadikan pasar tersebut menjadi pasar sehat. bagaimanakah cara mengatasi permasalahan ini?

    BalasHapus
  10. tanya Bu, Bagaimana cara yang harus kita lakukan dalam mengadvokasi para pemangku kepentingan, untuk mengeluarkan kebijakan yang mendukung Program2 Kesehatan?

    BalasHapus
  11. 1.apa kiat kiat atau trik dalam melakukan advokasi supaya orang yang lain yakin dan support terhadap apa yang kita inginkan???

    2.apa yang mempengaruhi gagalnya suatu advokasi???

    BalasHapus
  12. Bu mau tanya berhubung pkm kami mau akreditasi kamu sblm nya sdh merapkan kebijakan larangan merokok atau kawasan bebas rokok, tp sangat sulit bu sampai saat ini menegur pengunjung atau kluarga pasien unt tdk merokok..disamping itu pula dinas kesehatan kami 1 kompleks dlm area puskesmas kami disana para pejabat ataupun staf nya sangat bebas merokok oleh karena itu hingga saat ini sngat sulit merubahnya,tlng masukanya bu?? Agar tdk berubah krn mau akreditasi saja tp selamanya trimksh bu....

    BalasHapus
  13. Bu mohon masukkannya mengenai Advokasi, di desa sekarang telah ada dana desa dari pemerintah. dalam hal masalah kesehatan, dana ini sangat sedikit sekali diberikan dalam menunjang masalah kesehatan di desa. yang ada hanya digunakan dalam pembangunan yg nyata, contoh; perbaikan jalan,atau pembangunan gedung balai desa. sedangkan misalnya perbaikan gizi pada balita gizi kurang atau untuk membantu kegiatan posyandu, yang hasilnya memang tidak terlihat langsung. tapi akan kelihatan hasilnya bertahun-tahun mendatang. bagaimana cara yang lebih baik lagi dalam mengadvokasi aparat desa dan pemerintahan lintas sektoral...?

    BalasHapus
  14. Mohon Penjelasaannya Bu.
    Bagaiman caranya meyakinkan Masyarakat dan Pemangku Jabatan dalam upaya merubah paradigma sehat itu tidak hanya dari sakit menjadi sehat saja(Pengobatan/Kuratif), padahal sehat itu bisa tercapai dengan paradigma Preventif, Promotif dan Rehabilitatif.

    BalasHapus
  15. Keriyati
    NPM:16410043P

    -Upaya promotif sasarannya pada orang sehat.
    -Upaya preventiv sasarannya pada orang beresiko tinggi.
    -Upaya kuratif sasarannya orang sakit
    -Upaya rehabilitatif sasarannya pasien yang baru sembuh dari sakit.

    BalasHapus
  16. Bagaimana cara untuk meyakinkan kaum bapak untuk tidak merokok? Terima kasih.

    BalasHapus

Google+ Followers