Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Rabu, 05 Oktober 2016

2. Pengantar


Image result for promosi kesehatan berdasarkan tatanan
Teori dasar promosi kesehatan membahas mengenai masalah-masalah dalam kesehatan masyarakat dimana konsep promosi mampu memasarkan, memperkenalkan pesan-pesan kesehatan sehingga masyarakat menerima perilaku kesehatan yang akhirnya mau berperilaku hidup sehat. Manusia adalah makhluk social yang saling bergantung kehidupannya satu sama lain (hidup bermasyarakat). 

Manusia juga makhluk berbudaya yang dikaruniai akal oleh Tuhan sehingga mampu memecahkan masalah yang dihadapinya termasuk masalah kesehatan. Dengan kata lain aspek social budaya berhubungan dengan perilaku kesehatan.


Seseorang, kelompok atau masyarakat yang mampu berperilaku hidup sehat melalui tahap-tahap perubahan perilaku. Tahap perubahan perilaku seseorang, kelompok atau masyarakat dapat dilihat melalui teori-teori perubahan perilaku yang saat ini mudah sekali didapatkan. 


Untuk mempelajari materi selanjutnya silahkan KLIK POSTING LAMA pada kanan bawah wall blog Saudara.

7 komentar:

  1. RISVANARIAH
    NPM : 16410057P
    HADIR

    Manusia adalah mahluk tuhan yang dikaruniai akal, mahluk yang berbudaya dan manusia yang mengalami tahap-tahap kehidupan serta perubahan-perubahan prilaku salah satunya adalah prilaku hidup sehat. Dengan adanya promosi kesehatan baik itu dari program yang dibuat pemerintah seperti : PHBS, posyandu, diharapkan adanya perubahan prilaku manusia dari hidupnya tidak berpola bersih/sehat dan tidak sejahtera menuju hidup sehat dan sejahtera.

    BalasHapus
  2. Pesan2 kesehatan memang sll dibutuhkan, anak2 yg sekolaj PAUD dan TK saja sdh hrs kita ajarkan seperti cara mencuci tangan yg bnr,dgn memakai sabun dan mencuci tangan sblm mkn itu sdh merupakan suatu aksi yg baik yg akan sll di ingat olh ank2 sejak kecil hingga dewasa nnt, itulah hal yg kecil tp berdampak besar, nnt ank2 tersebut akan memberitahu org tuanya dirumah sehingga nnt nya org tua akan mengerti menyadari dan malu jika mencontohkan hal2 yg tdk baik dirumah.ini adalah contoh kecil dari promosi ksehatan yg mampu merubah prilaku hdp sehat,sasaran yg tepat akan mengenai target yg tepat.

    Nama : YANA RIANA
    NPM : 16410070.P
    Hadir

    BalasHapus
  3. Dwi Kartini
    Npm : 16 410 037P

    Manusia adl makhluk sosial yg saling bergantung kehidupannya satu sama lain (hidup bermasyarakat)
    Aspek sosial budaya juga berhubungan dgn prilaku kesehatan.

    BalasHapus
  4. Karena manusia merupakan makhluk sosial yg hidup bermasyarkat dan dikaruniai akal untuk berfikir maka dengan pemberian pesan ttg promkes diharapkan individu dpt mengimplentasikan pesan tersebut.

    BalasHapus
  5. Manusia adalah mahluk sosiadan berbudaya, sudah sepatutnya saling menjaga kesehatan baik lingkungan dimana pun kita berada oleh karena itu menerapkan Hidup Bersih dan Sehat merupakan kewajiban kita sebagai Tenaga Kesehatan baik untuk diri sendiri, keluarga dan Masyarakat.

    BalasHapus
  6. Untuk merubah perilaku masyarakat d sekitar kita memang membutuhkan waktu, di sinilah tugas kita bersama mempromosikn kesehatan secara terus menerus.o

    BalasHapus
  7. Untuk merubah perilaku masyarakat d sekitar kita memang membutuhkan waktu, di sinilah tugas kita bersama mempromosikn kesehatan secara terus menerus.o

    BalasHapus

Google+ Followers