Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Rabu, 05 Oktober 2016

4. Definisi Sehat


Image result for pergeseran istilah promosi kesehatan


Setelah kita membaca definisi sehat di atas pahamilah bahwa ada perubahan batasan kesehatan yang terjadi. Silahkan mahasiswa untuk menjawab mengenai perubahan batasan kesehatan saat ini. Tuangkan pendapat saudara didalam KOLOM KOMENTAR.


Untuk mempelajari materi selanjutnya silahkan KLIK POSTING LAMA pada kanan bawah wall blog saudara.

41 komentar:

  1. Davi
    NPM : 16410047P
    Peningkatan kualitas hidup sehat bukan hanya perilaku memang sangat sulit untuk diwujudkan..terutama jika konsep dasar dari sehat itu sendiri masih saja terlalu sederhana. Banyak yang beranggapan sehat itu hanya sebuah keadaan tidak sakit..namun menurut UU no.36 th.2009 penjabaran sehat menjadi kompleks..karena keadaan sosial dan ekonomi dari masyarakat juga harus produktif.
    Bu lolita maav..peran penting petugas promkes dalam meningkatkan kualitas hidup sehat pada tingkat individu dan kaluarga dimasyarakat itu apakah hanya bisa dilakukan pada kegiatan program..? (mohon pedapatnya bu)

    BalasHapus
  2. Benar sekali cantik fisik saja g cukup kl cantik tp mental atau jiwanya terganggu untuk apa?...atau cantik fisik tp perilakunya sosialnya minus pun tdk ada guna, terlebih unt gaya hidup di era sekarang yg sangat tinggi dengan rasa gengsi, miss sosialita misalnya tak ayal bnyk wanita2 muda yg dibilang "kaum sosialita" kebiasaan merokok, minum2an keras yg katanya gaya kebarat2an adalah hal yg biasa, tdk jarang berganti pasangan malah ada film nya kan emak2 sosialita arisan brondong hehe...mungkin yg terlihat bagi mereka yg tinggal perkotaan, bagaimana dgn wanita2 yg dipedesaan wah jgn salah malah makin beresiko anak 17thn saja sdh menikah, usia 20thn sudah punya anak 3 sampai 4 balik lg ke mslh rendahnya pendidikan,ekonomi rendah..itulah mengapa para remaja,wus,pus,sampai usila pun menjadi target kita bagaimana caranya menerapkan dan mempromosikan kesehatan,agar menjadi masyarakat yg produktif dan sehat secara ekonomi dan sosial.

    BalasHapus
  3. ERNI MURTIANINGSIH
    NPM 16410040P

    Promosi Kesehatan ini bukan hanya mengupayakan perubahan perilaku tetapi ditekankan juga perubahan lingkungan yang secara prinsipnya mampu merubah perilaku hidup sehat seseorang, karena sehat itu tidak hanya sehat fisik maupun bebas penyakit (UU n0 36 th. 2009) tetapi diperlukan juga tenaga kesehatan yang beran aktif dalam mempromosikan kesehatan sehingga mampu memberikan arahan dan penjelasan yang baik dalm berprilaku kesehatan

    BalasHapus
  4. Rini Budiarti
    Perubahan batasan kesehatan saat ini sangat dipengaruhi oleh keinginan dari dalam diri, fasilitas yang mendukung, pengetahuan tentang prilaku hidup sehat.sementara masyarakat saat ini sangat membutuhkan figur yang berperan aktif,tidak hanya penyuluhan tetapi tindakan nyata dari seorang petugas kesehatan.sehingga masyarakat dapat langsung mendapat pengetahuan dari praktek dilapangan.contoh :CTPS sangat mendasar namun sering terlupakan.terimakasih.

    BalasHapus
  5. Nama : Eka Surabina Tarigan
    NPM : 16410065P
    Perubahan batasan kesehatan yakni dengan mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi masyarakat, diselenggarakan upaya kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam bentuk upaya kesehatan perseorangan dan upaya kesehatan masyarakat. Penyelengaraan upaya kesehatan seperti BAB VI pasal 48 dijelaskan bahwa terdapat 17 kegiatan di dukung oleh sumber daya kesehatan. Saya ambil contoh sebagai berikut sehat secara fisik melalui kegiatan yang di mulai dari manusia itu belum lahir seperti melalui pendidikan kesehatan reproduksi untuk mengurangi bayi cacat, menurunkan KIA juga kesehatan olahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Sehat secara mental melalui kesehatan sekolah dan sehat secraa sosial seeperti kegiatan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Persoalan kesehatan sebagai suatu faktor utama dan investasi berharga (ekonomi) yang pelaksanaannya didasarkan pada sebuah paradigma baru yang biasa dikenal dengan paradigma sehat, yakni paradigma kesehatan yang mengutamakan upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

    BalasHapus
  6. Perubahan kesehatan yg terjadi yaitu adanya pembaharuan dari definisi sehat yang bukan hanya sekedar sehat secara jasmani dan rohani terbebas dari penyakit atau cacat saja, tetapi produktif secara ekonomi dan sosial.
    Upaya promosi kesehatan sangat diharapkan dapat membuat perubahan yaitu peningkatan kemampuan hidup sehat bukan sekedar berprilaku sehat.

    BalasHapus
  7. Perubahan kesehatan yg terjadi yaitu adanya pembaharuan dari definisi sehat yang bukan hanya sekedar sehat secara jasmani dan rohani terbebas dari penyakit atau cacat saja, tetapi produktif secara ekonomi dan sosial.
    Upaya promosi kesehatan sangat diharapkan dapat membuat perubahan yaitu peningkatan kemampuan hidup sehat bukan sekedar berprilaku sehat.

    BalasHapus
  8. Batasan kesehatan saat ini lebih luas. Komponen kesehatan tersebut saling berpengaruh sehingga kesehatan itu tidak hanya dinilai dari satu aspek tapi melihat secara menyeluruh.
    Kesehatan fisik terwujud apabila seseorang tidak merasakan sakit dan fungsi tubuh bekerja sebagaimana mestinya.
    Kesehatan mental mencakup pikiran dan emosional yang sehat/b aik.
    Kesehatan sosial terwujud apabila seseorang mampu berhubungan/berinteraksi secara baik dengan dengan lingkungan sosialnya.
    Tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental, dan sosial saja, tetapi juga diukur dari produktivitasnya dalam arti mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu secara ekonomi. Bagi yang belum bekerja, anak dan remaja, atau bagi yang sudah pensiun/usia lanjut, berlaku arti produktif secara sosial. Misalnya produktif secara sosial-ekonomi bagi pelajar/mahasiswa adalah mencapai prestasi yang baik, produktif secara sosial-ekonomi bagi pensiunan/usia lanjut adalah mempunyai kegiatan sosial yang bermanfat, bukan saja bagi dirinya, tetapi juga bagi orang lain atau masyarakat.

    BalasHapus
  9. Desy Yuanita
    NPM : 16410034P
    HADIR

    Dengan adanya Undang-Undang No.36 Tahun 2009 menunjukkan bahwa tingginya tingkat perhatian pemerintah terhadap peningkatan derajat kesehatan di Indonesia. Dengan adanya Undang-Undang tersebut memberikan perubahan batasan kesehatan berupa paradigma baru yaitu paradigm sehat yang berarti bahwa lebih cenderung ke promosi dan pencegahan kesehatan tanpa melupakan kuratif dan rehabilitatif. Ini memberikan indikasi bahwa dengan adanya paradigma seperti itu akan merubah perilaku masyarakat dan akan mengurangi angka kesakitan dan kematian.

    BalasHapus
  10. Seiring dengan waktu serta perubahan zaman definisi sehat telah mengalami perubahan. dulu orang hanya mengenal sehat adalah keadaan terbebas dari sakit / penyakit. Namun kini sehat bukan hanya terbebas dari sakit / penyakit, sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Kesehatan harus dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh terdiri dari unsur-unsur fisik, mental, dan sosial dimana di dalamnya ada kesehatan jiwa yang menjadi bagian dari integral kesehatan

    BalasHapus
  11. Perubahan kesehatan yaitu perubahan tentang opini setiap individu ataupun masyarakat tentang definisi dari kesehatan itu. Sehat bukan berarti terbebas dari penyakit atau cacat, sehat juga harus diimbangi dengan keadaan ekonomi dan sosial yang produktif. Tenaga kesehatan juga berperan penting untuk memberikan arahan dan penjelasan tentang bagaimana cara hidup sehat

    BalasHapus
  12. Paradigma sehat dalam Undang-Undang No.36 Tahun 2009 menunjukkan bahwa Pemerintah RI memperhatikan perubahan kebutuhan masyarakatnya sesuai perkembangan zaman, terutama terhadap peningkatan derajat kesehatan di Indonesia.Dimana batasan kesehatan yang sebelumnya hanya terbebas dari segala penyakit,yang lebih ke arah kuratif, sekarang paradigma sehat juga lebih mengarahkan kepada preventif dan promotif kesehatan tanpa melupakan kuratif dan rehabilitatif. Apabila dari semua aspek tersebut bisa terlaksana dengan baik, maka tentunya kesehatan masyarakat di Indonesia akan lebih baik, masyarakat lebih produktif, serta peran serta masyarakat dalam peduli tentang masalah masalah kesehatan juga masalah lingkungan bisa lebih baik dan mandiri.

    BalasHapus
  13. Melihat dari definisi kesehatan menurut UU no 36 th 2009 tersebut, dapat diambil pengertian bahwa sehat itu bukan semata-mata sehat fisik dan mental saja, namun pengertian sehat yang dimaksudkan adalah sehat baik secara fisik dan mental termasuk juga sehat secara spiritual, sehingga dapat meningkatkan produktifitas untuk mencapai kesehatan sosial dan ekonomi. Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan keadaan kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya.Derajat kesehatan yang setinggi-tingginya mungkin dapat dicapai pada suatu saat sesuai dengankondisi dan situasi serta kemampuan yang nyata dari setiap orang atau masyarakat.Upaya kesehatan harus selalu diusahakan peningkatannya secara terus menerus agar masyarakatyang sehat sebagai investasi dalam pembangunan dapat hidup produktif secara sosial danekonomis.

    BalasHapus
  14. (Andri Saputra. NPM: 16410027P)
    Sehat merupakan keadaan sempurna baik fisik, mental dan sosial yang tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan, serta produktif secara ekonomi dan sosial. Perubahan pola hidup dan kebiasaan orang serta perubahan lingkungan sangatlah mempengaruhi kondisi kesehatan seperti yang terjadi saat ini. Melalui Promosi Kesehatan tidak hanya mengupayakan adanya perubahan perilaku hidup sehat tetapi juga perubahan lingkungan yang memfasilitasi perubahan perilaku tersebut. Promosi kesehatan juga lebih menekankan pada peningkatan kualitas kemampuan untuk hidup sehat bukan hanya sekedar berperilaku sehat.

    BalasHapus
  15. ARYANTI
    Melihat dari definisi kesehatan menurut UU no 36 th 2009 tersebut, dapat diambil pengertian bahwa sehat itu bukan semata-mata sehat fisik dan mental saja, namun pengertian sehat yang dimaksudkan adalah sehat baik secara fisik dan mental termasuk juga sehat secara spiritual, sehingga dapat meningkatkan produktifitas untuk mencapai kesehatan sosial dan ekonomi. Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan keadaan kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya.Derajat kesehatan yang setinggi-tingginya mungkin dapat dicapai pada suatu saat sesuai dengankondisi dan situasi serta kemampuan yang nyata dari setiap orang atau masyarakat.Upaya kesehatan harus selalu diusahakan peningkatannya secara terus menerus agar masyarakatyang sehat sebagai investasi dalam pembangunan dapat hidup produktif secara sosial danekonomis.

    BalasHapus
  16. ARYANTI (NPM: 16410029P)
    Melihat dari definisi kesehatan menurut UU no 36 th 2009 tersebut, dapat diambil pengertian bahwa sehat itu bukan semata-mata sehat fisik dan mental saja, namun pengertian sehat yang dimaksudkan adalah sehat baik secara fisik dan mental termasuk juga sehat secara spiritual, sehingga dapat meningkatkan produktifitas untuk mencapai kesehatan sosial dan ekonomi. Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan keadaan kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya.Derajat kesehatan yang setinggi-tingginya mungkin dapat dicapai pada suatu saat sesuai dengankondisi dan situasi serta kemampuan yang nyata dari setiap orang atau masyarakat.Upaya kesehatan harus selalu diusahakan peningkatannya secara terus menerus agar masyarakatyang sehat sebagai investasi dalam pembangunan dapat hidup produktif secara sosial danekonomis.

    BalasHapus
  17. Fricilia janeva
    Npm 16410041p

    Perubahan batasan kesehatan saat ini bisa kita lihat dari definisi sehat tersebut. Dimana batasan kesehatan menjadi lebih komplek yaitu yg tadinya hanya sempurna baik fisik,mental,sosial tidak hanya bebas dr penyakit jg cacat sedang kan saat ini juga serta produktif secara ekonomi dan sosial. Yang dimana pada saat ini ekonomi dan sosial sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat itu sendiri. Sbagai contoh nya yaitu masyarakat yg kurang produktif ekonominya lebih rentan terjadi gizi buruk dr pada yg produktif ekonominya.

    BalasHapus
  18. Sebelumnya istilah sehat hanya menuju pada keadaan fisik dimana seseorang sedang tidak mengidap sebuah penyakit maka orang tersebut dinyatakan sehat. Namun saat ini, definisi sehat bukan hanya keadaan fisik yg menjadi tolak ukur, akan tetapi keadaan mental, spiritual, ekonomi juga menjadi tolak ukur seseorang dikatakan sehat. Sehat adalah terbebas dari suatu penyakit atau kecacatan dan diikuti kesehatan mental, spiritual dan ekonomi yg mendukung.
    Disini peran tenanga kesehatan khususnya promosi kesehatan sangat dibutuhkan untuk menciptakan suatu keadaan masyarakat yang sehat sesuai yang diinginkan..

    BalasHapus
  19. Menurut UU no 36 thun 2009
    Keadaan sempurna baik fisik, mental dan sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit dan cacat serta produktif secara ekonomi dan sosial.
    Jadi prubahan batasan kesehatan bukan hanya dilihat dri sehat atau sakitnya seseorang tetapi dari keadaan sosial dan produktifitas ekonomi sosial

    BalasHapus
  20. Paradigma masyarakat yang beranggapan bahwa sehat adalah semata bebas dari segala penyakit, sedangkan arti sehat sebenarnya adalah keadaan seseorng yg meliputi sehat secara fisik, mental dan spiritual untuk merubah paradigma tsb harus perlahan kesadaran indvidu, serta peran sertan petugas kesehatan.

    BalasHapus
  21. Rini afrita
    Npm: 16410054p
    Perubahan batasan kesehatan
    Paradigma masyarakat sekarang terus berkembang, yang tadi nya mereka paham bahwa sehat terbebaskan dari penyakit saja (sehat fisik), padahal sehat mencakup luas tidak hanya sehat fisik dan terbebas dari kecacatan tetapi juga sehat mental (psikis atau psikologi seseorang tidak dalam tekanan atau terganggu, sehat sosial ( lingkungan yang terbebas dr polusi dan bibit penyakit), sehat secara ekonomi ( dengan finansial yang memadai maka kesejahteraan akan lebih meningkat dan kesehatan lebih terjamin.

    BalasHapus
  22. Perubahan batasan kesehatan menurut UU no 36 Tahun 2009 memiliki arti yg lebih luas. dulu seseorang dikatan sehat apabila normal secara fisik dan mental, di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin berkembang, ilmu dan teknologi kesehatan yang semakin maju menyebabkan pergeseran nilai2 kesehatan. sehingga seseorang yang sehat bukan hanya dinilai dari fisik dan mental saja tetapi juga dilihat dari bagaimana dia mengelola dirinya untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan kemampuannya untuk meningkatkan taraf hidupnya.

    BalasHapus
  23. Tentang perubahan batasan kesehatan saat ini adalah bergantung pada kemauan dan kesadaran dari dalam diri sendiri. Karena jika kita sudah mempromosikan kesehatan semaksimal mungkin tetapi masyarakatnya menganggap remeh dengan apa yang kita promosikan, maka tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik.
    Tetapi tenaga kesehtan pun harus aktif dalam masalah ini dan mempraktekan lgsg kepada masyarakat. Sehingga apa yang sudah tertera pada UU kesehatan No. 36 Tahun 2009, bisa benar-benar terwujud

    BalasHapus
  24. Ditinjau dari UU Kesehatan No.36 tahun 2009 ini bahwa batasan kesehatan ini begitu luas.Paradigma Sehat dalam UU Kesehatan tersebut mengingikan masyarakat terbebas dari segala sakit fisik maupun kecacatan, sakit mental (ketidak stabilan emosi),dan tidak bisa bersosialisasi agar dapat menciptakan masyarakat yang Produktif secara ekonomi dan sosial. Dengan kata lain dengan Sehat memberikan nilai yang lebih bagi kita dan masyarakat.

    BalasHapus
  25. Kedaan sehat tidak hanya dipandang dari bentuk fisik, tampan, manis atau cantik, tapi bisa juga dilihat dari kondisi mental seseorang atau kehidupan sosial mereka. Fisik yang bagus tidak bisa diakatakan sehat jika terkena penyakit, ekonomi yang mapan tidak bisa dikatakan sehat jika kondisi badanya cacat, begitupula dengan keadaan status sosialnya, jadi keadaan sehat harus didukung dari semuanya baik fisik, mental maupun sosial.

    BalasHapus
  26. laela Fitrianih
    NPM. 1640044P
    Pengertian kesehatan yaitu merupakan sebuah kondisi yang stabil atau umum dalam sistem koordinasi badan dan jiwa raga manusia atau makhluk hidup lainnya pada rata-rata normal.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. (Muhammad Ramdani)
    Setelah membaca undang-undang kesehatan ini ada niat dari pemerintah untuk menjawab komplesitas pembangunan kesehatan menjadi lebih baik lagi hanya saja UU No. 36 th 2009 ini tidak memuat konsep yang jelas tentang kesehatan masyarakat. karena semua elemen masyarakat berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik jadi tidak boleh ada batasan di dalam pelayanan kesehatan karena masyarakat sebagai pemilik kesehatan, pemilik investasi kesehatan, dan sebagai subjek pembangunan kesehatan. sekian,terima kasih

    BalasHapus
  29. NOPRI DWI SAPUTRA
    NPM : 16410049P

    Konsep sehat dalam upaya penanganan kesehatan penduduk mengalami banyak perubahan sejalan dengan pemahaman dan pengetahuan kita bagaimana suatu masyarakat mengahayati dan menghargai bahwa kesehatan itu merupakan ” Human Capital ” yang sangat besar nilainya dan bagaimana kita / masyarakat menghayati bahwa “ Sehat itu Gaya Hidup . Pemahaman masyarakat tentang penyebab penyakit, konsep sehat-sakit,dan pemahaman bahwa upaya kesehatan merupakan bagian dari pembangunan SDM, akan mendasari bagaimana upaya kesehatan di suatu Negara sebaiknya diselnggarakan.
    Sampai saat ini, banyak Negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia, apabila berbicara masalah kesehatan pada umumnya persepsi / asosiasi kita langsung terbatas dan tertuju pada Pengobatan Penyakit, Rumah Sakit, Puskesmas, Poliklinik. Hal ini memberikan dampak terhadap focus upaya kesehatan adalah pada pembiayaan penanganan orang sakit atau pembiayaan tempat – tempat pelayanan kesehatan tersebut. Dengan demikian terkesan bahwa Penanganan Kesehatan Masyarakat masih berupa program – program konvensional, hanya menekankan pada pengembangan rumah sakit – rumah sakit, penanganan penyakit secara individual, spesialistis, terutama penanganan kejadian sakit secara episodik.
    Program kesehatan yang hanya mengutamakan upaya Kuratif dalam jangka panjang tidak menguntungkan. Sehingga berapapun besarnya biaya yang disediakan akan selalu kurang, karena permintaan akan pelayanan medis /kuratif akan selalu meningkat. Upaya kesehatan Kuratif khususnya Rumah Sakit akan cenderumg berkumpul ditempat yang banyak uangnya, yaitu di kota – kota besar saja. Upaya kesehatan Kuratif tidak akan membawa masyarakat ke Sehat Produktif secara lebih ”Cost Effective”. Hal ini menyebabkan upaya kesehatan yang hanya berorientasi pada tindakan Kuratif, dari segi ekonomi hanya akan bersifat Konsumtif tidak Produktif. Dengan kata lain dipandang dari segi ekonomi, melakukan investasi pada orang yang”tidak/belum sakit (sehat)” akan lebih ”Cost-Effective” daripada terhadap orang sakit, karena investasi pada orang sehat lebih dekat ke produktifitas.

    BalasHapus
  30. Dwi Kartini
    Npm : 16 410 037P

    Menurut UU kesehatan no.36 tahun 2009
    Sehat dapat didefinikan dgn banyak pengertian karna perkembangan zaman jg berperan aktif dalam ilmu kesehatan. Seiring perubahan zaman makan akan berubah juga pola hidup yg kita jalani. Status ekonomi dan sosial pun berperan aktif dlm perubahan kesehatan pada masyarakat. Jadi sehat tidak hanya terhindar dri penyakit akan tetapi sehat itu keadaan kesempurnaan seseorang baik fisik,mental,dan sosial,cacat,serta produktif secara ekonomi dan sosial.

    BalasHapus
  31. dari definisi sehat menurut UU No.36 th 2009 tersebut diketahui bahwa kondisi sehat terletak pada keadaan sempurna fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit cacat selain itu juga produktif secara ekonomi dan sosial karena keadaan sehat sempurna secara fisik,mental dan sosial di peroleh dari ekonomi yang baik dan keadaan sosial yang baik juga.

    BalasHapus
  32. CAHYANINGSIH
    NPM: 16410032P
    Definisi sehat menurut UU no 36 th 2009 adalah keadaan sempurna baik fisik, mental dan sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit dan cacat serta produktif secara ekonomi dan sosial. yang artinya bahwa pada saat ini sehat bukanlah hanya dilihat dari kesehatan fisik,mental dan sosial saja melainkan kesehatan secara menyeluruh yg produktif secara ekonomi dan sosial karena tingkat ekonomi dan sosial yg buruk akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang dimana tingkat ekonomi dan sosial yg rendah banyak menimbulkam masalah kesehatan diantaranya gizi buruk sampai dengan kesulitan perubahan prilaku hidup sehat yg diakibatkan karena rendahnya tingkat pendidikan dan status sosial

    BalasHapus
  33. Dengan adanya uu no 36 tahun 2009 menujukan bahwa tingginya tingkat pemerintah terhadap peningkatan derajat kesehatan di indonesia.
    Dengan adanya undang- undang tersebut memberikan perubahan batasan kesehatan berupa pragdigma baru yaitu peragdigma yang sehat yang berarti lebih cenderunh ke peromosi dan pencegahan kesehstan tanpa melupakam kereatif dan rehabilitasi.
    Perubahan kesehatan yang terjadi yaitu adanya pembaharuan dari definisi sehat yang bukan hanya sekedar sehat secara jasmani dan rohani tersebut dari penyakit atau cacat saja tetapi peroduktif secara ekonomi dan sosial.

    BalasHapus
  34. Nama: Bella Nitia Pelga
    NPM: 16410031P

    Menurut pendapat saya,perubahan tentang batasan sehat yaitu terletak pada sehat itu juga produktif secara ekonomi dan sosial dan bukan hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan.

    BalasHapus
  35. Keriyati
    NPM : 16410043P

    Untuk merubah perilaku seseorang tidak hanya cukup mempunyai modal ilmu pengetahuan saja tetapi juga harus dalam kondisi sempurna seperti yang tertuang dalam UU kesehatan no.36 th 2009.Karena manusia adalah mahluk sosial yaqng hidup bermasyarakat saling membutuhkan satu sama lain dan mempunyai akal pikiran untuk dapat menyelesaikan setiap permasalahan.

    BalasHapus
  36. Undang-undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009 memberikan batasan bahwa kesehatan merupakan keadaan sempurna baik fisik, mental, dan sosial yang memungkingkan seseorang untuk hidup produktif secara ekonomi dan sosial. ini menunjukkan kesehatan tidak hanya mencakup aspek fisik, mental, dan sosial tetapi juga melihat dari aspek produktifitas ekonomi, maupun secara sosial, karena keadaan sehat sempurna secara fisik,mental dan sosial di peroleh dari ekonomi yang baik dan keadaan sosial yang baik. Apabila dari semua aspek tersebut bisa terlaksana dengan baik, maka tentunya kesehatan masyarakat di Indonesia akan lebih baik, produktif dan mandiri.

    BalasHapus
  37. Menurut saya perubahan batasan kesehatan saat ini dipengaruhi oleh tingkat ekonomi dan sosial yang rendah yg dapat mempengarhui definisi dr sehat itu pula, masalah yang timbul akibat dr tingkat ekonnomi dan sosial yang rendah biasanya adalah gizi buruk, penyakit kulit dll.
    Sehingga definisi sehat menurut UU no 36 tahun 2009
    Dimana sehat adalah keadaan sempurna baik fisik mental dan sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit dan cacat, serta produktif secara ekonomi dan sosial ini saling berkesinambungan, apabila semua aspek dr definisi sehat terwujud tentu masalah kesehatan masyarakat indonesia dapat teratasi.

    BalasHapus
  38. Batasan definisi sehat saat ini menitik beratkan upaya meningkatkan derajat kesehatan dalam asfek promotive dan prefentive.

    BalasHapus
  39. RISMALA DEWI
    NPM.16410056P

    Perubahan batasan kesehatan menurut memiliki arti yg lebih luas. dulu seseorang dikatan sehat apabila normal secara fisik dan mental, di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin berkembang, ilmu dan teknologi kesehatan yang semakin maju menyebabkan pergeseran nilai2 kesehatan. sehingga seseorang yang sehat bukan hanya dinilai dari fisik dan mental saja tetapi juga dilihat dari bagaimana dia mengelola dirinya untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan kemampuannya untuk meningkatkan taraf hidupnya.

    BalasHapus
  40. Mirdalena, NPM : 16410069
    Definisi sehat jika di jabarkan menjadi sangat kompleks,di mana sebagian besar masyarakat kita adalah kalangan menengah kebawah sehingga mereka hanya beranggapan bahwa jika jika enak makan dan enak tidur sudah d kategorikn sehat. Padabhal sehat yg d maksud adalah sesuai dgn UU KesehatanNo 36 tahun 2009 ( Keadaan sempurna baik fisik, mental dan sosial tdk hanya bebas dari penyakit dan cacat serta produktif secara ekonomi dan sosial). Di sinilah peran kita sebagai petugas kesehatan untuk terus memberikan penjelasan, pengarahan dan motivasi untuk merubah pola pikir d masyarakat bahwa peningkatan usaha promotif,preventif lebih d galakan d bandingkan dgn kuratif dan Rehabilitatif.

    BalasHapus
  41. Mirdalena, NPM : 16410069
    Definisi sehat jika di jabarkan menjadi sangat kompleks,di mana sebagian besar masyarakat kita adalah kalangan menengah kebawah sehingga mereka hanya beranggapan bahwa jika jika enak makan dan enak tidur sudah d kategorikn sehat. Padabhal sehat yg d maksud adalah sesuai dgn UU KesehatanNo 36 tahun 2009 ( Keadaan sempurna baik fisik, mental dan sosial tdk hanya bebas dari penyakit dan cacat serta produktif secara ekonomi dan sosial). Di sinilah peran kita sebagai petugas kesehatan untuk terus memberikan penjelasan, pengarahan dan motivasi untuk merubah pola pikir d masyarakat bahwa peningkatan usaha promotif,preventif lebih d galakan d bandingkan dgn kuratif dan Rehabilitatif.

    BalasHapus

Google+ Followers