Faculty of Public Health

Faculty of Public Health - Malahayati University
Your Public Health Change Agent
Akreditasi "B"

Kamis, 20 Oktober 2016

Definisi Komunikasi dan Unsur - Unsur Komunikasi

Image result for definisi  komunikasi




Image result for unsur unsur komunikasi


Gambar di atas merupakan unsur penting dari komunikasi kesehatan. Komunikator istilah umumnya adalah pembicara, narasumber (source), sedangkan komunikan istilah umumnya adalah audience, penerima/pendengar. Diantara pembicara dan pendengar terdapat unsur pesan, media (alat) / metode (cara penyampaian).



Apakah ada pertanyaan? Silahkan tulis di dalam KOLOM KOMENTAR.

Untuk melihat materi slide berikutnya silahkan KLIK POSTING LAMA pada kanan bawah wall blog Saudara.

24 komentar:

  1. RINI AFRITA
    NPM. 16410054P
    Hadir
    1. Efektif atau tidak pesan atau unsur komunikasi yang kita sampaikan sangat dipengaruhi oleh lingkungan, bagaimana cara kita sebagai health public agar pesan yang disampaikan mendapatkan umpan balik yang positif ?

    BalasHapus
  2. Teknik penyampaian Pesan dan metode yang seperti apa bisa diterima oleh penerima dengan baik?

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara atau trik penyampaian kita sebagai komunikator kepada audience agar dapat di mengerti dan ada timbal balik dalam komunikasi?

    BalasHapus
  4. Bagaimanakah kita dapat mengetahui bahwa isi pesan yg kita sampaikan dapat dimengerti klien/ audience selain dari umpan balik?

    BalasHapus
  5. RISVANARIAH
    NPM : 16410057P
    HADIR

    Pada awal penyuluhan tahapan/metode apa yang harus kita siapkan atau harus bagaimana dalam memberi contoh agar pesan-pesan yang kita sampaikan dapat diterima, diterjemahkan dilaksanakan oleh masyarakat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dalam komunikasi tidak ada unpan balik dari audince apa bisa di katakan kegagalan dalam komunikasi tidak ada unpan balik

      Hapus
  6. ARYANTI
    Dalam unsur komunikasi ada narasumber dan audience.. diantara keduanya ada unsur metode yang dipakai dalam penyampaian informasi, yang kami tanyakan metode apa saja yang perlu kita ketahui? Trimakasih atas penjelasan ibu

    BalasHapus
  7. Nama: yana riana
    Npm: 16410070.p

    Selaku narasumber, seperti apakah unsur yg penting dlm komunikasi kesehatan yg hrs kita sampaikan dgn penerima pesan?

    BalasHapus
  8. Nama : Eka Surabina Tarigan
    NPM 16410065P
    Dalam mengukur tingkat keberhasilan suatu program kesehatan di tengah masyarakat,suatu komunikasi bisa di lihat dari antusiasme melalui umpan balik kepada masyarakat, mohon penjelasan bu..seperti apakah contoh umpan balik itu dan bagaimana mengukur hasilnya?

    BalasHapus
  9. Nopri Dwi Saputra
    NPM:16410049P

    Jika dlm komunikasi tidak ada umpan balik dari audience apa bisa dikatakan kegagalan dlm komunikasi?? Contoh ketika dlm sebuah forum diskusi natasumber sudah menyampaikan informasi mengenai DBD tetapi audience tidak ada respon atau umpan balik

    Apa yg harus dilakukan untuk mendapatkan umpan balik?

    BalasHapus
  10. Nopri Dwi Saputra
    NPM:16410049P

    Jika dlm komunikasi tidak ada umpan balik dari audience apa bisa dikatakan kegagalan dlm komunikasi?? Contoh ketika dlm sebuah forum diskusi natasumber sudah menyampaikan informasi mengenai DBD tetapi audience tidak ada respon atau umpan balik

    Apa yg harus dilakukan untuk mendapatkan umpan balik?

    BalasHapus
  11. Metode seperti apakah yang lebih baik digunakan dalam komunikasi promosi kesehatan?

    BalasHapus
  12. Desy Yuanita
    NPM : 16410034P
    Dalam penyampaian pesan dari Narasumber ke audience, hal apa saja yang mempengaruhi pesan tersebut tidak tersampaikan dengan baik.

    BalasHapus
  13. Metode seperti apa yg digunakan untuk mnyampaikan informasi agar menarik khusus nya pada remaja, agar apa yg kita sampaikan mudah dipahami dan dimengerti???

    BalasHapus
  14. Dalam upaya kesehatan masyarakat yang ada di Fasyankes setiap upaya termasuk promosi kesehatan perlu adanya umpan balik yang berasal langsung dari masyarakat/klien, akan tetapi hal itu kurang bisa diperoleh secara optimal.
    Bagaimana cara dalam komunikasi agar dapat memperoleh umpan balik dari komunikan yang berguna untuk perbaikan program kesehatan
    terimakasih,

    BalasHapus
  15. Dalam hal promosi kesehatan, komunikasi yang bagaimanakah yang paling efektif didalam penyampaian pesan, mohon penjelasan Bu... terimakasih...

    BalasHapus
  16. dalam proses komunikasi terjadi penyampaian informasi tentang kesehatan yamg berasal dari sumber yang berkualitas dengan menggunakan berbagai media yang komunikaif sehingga dari penyampaian komunikasi akan menghasilkan efek yang berpengaruh kepada masyarakat. peranyaanya dalam kondisi seperti apa proses penyampaian informasi memerlukan pengulangan (feed back)?

    BalasHapus
  17. Ayu nuryatama
    16410030P
    Hadir

    Didunia kesehatan kita mengenal banyak istilah2 medis yang tidak diketahui orang pada umunya. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor2. Apakah diperlukan kriteria/cara khusus untuk menyampaikan informasi tersebut?

    BalasHapus
  18. dalam memberikan penyuluhan penting bagi kita untuk mengetahui apakah pembahasan yang disampaikan dapat dimengerti atau tidak, trik atau kunci seperti apa komunikasi efektif dalam penyuluhan?

    BalasHapus
  19. Apa peranan komunikasi kesehatan dalam pembangunan kesehatan dan apa saja tantangan yang akan dihadapi kedepannya ?
    terima kasih.

    BalasHapus
  20. Metode apa yang digunakan narasumber agar penerima bisa menerima dan memahami pesan yang disampaikan?? Terima kasih

    BalasHapus
  21. mirdalena
    NPM : 16410069 P
    hadir


    apakah ada perbedaan komunikasi promosi kesehatan dan komunikasi teraupetik.mksh

    (Maaf ya bu saya pakai akun tmn krn hp saya eror mksh buu)

    BalasHapus
  22. Sugihati
    Npm. 16410066PJika dlm komunikasi tidak ada umpan balik dari audience apa bisa dikatakan kegagalan dlm komunikasi?? Contoh ketika dlm sebuah forum diskusi natasumber sudah menyampaikan informasi mengenai DBD tetapi audience tidak ada respon atau umpan balik

    Apa yg harus dilakukan untuk mendapatkan umpan balik?

    BalasHapus

Google+ Followers